TPP

TUNJANGAN PROFESI GURU

 

A.    Pengertian

Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) dimaksudkan untuk peningkatan mutu guru PNSD sebagai penghargaan atas profesionalitas untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen antara lain mengangkat martabat guru, meningkatkan kompetensi guru, memajukan profesi guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Tunjangan profesi yang dibayarkan melalui dana transfer adalah tunjangan yang diberikan kepada seluruh guru PNSD, kecuali guru pendidikan agama, yang telah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya.

Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun, serta diberikan kepada seluruh guru PNSD terhitung mulai awal tahun anggaran berikut setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus sertifikasi dan memperoleh Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

B.    Besaran

Tunjangan profesi bagi guru PNS Daerah adalah setara dengan 1 (satu) kali gaji pokok bagi Guru PNS sesuai peraturan perundang-undangan bagi guru PNSD yang memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya sesuai dengan petunjuk teknis ini, dan dikenakan pajak penghasilan berdasarkan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008.

Tunjangan Profesi bersifat tetap selama guru yang bersangkutan melaksanakan tugas sebagai guru atau guru yang mendapat tugas tambahan sebagai pengawas satuan pendidikan dengan memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

 

 

3 responses to this post.

  1. Posted by udien mbezengex on Mei 7, 2012 at 1:17 pm

    ma’af kami mohon ditampilkan daftar nama TPP 2011 trimakasih

    Balas

  2. Posted by ari on Mei 24, 2012 at 2:43 pm

    Mohon penjelasan, sebelumnya pada tanggal 21 mei 2012 kemarin kami mendapat kabar bahwa Tunjangan guru non sertifikasi sudah cair dan harus mengirimkan no rekening bank jatim bagi guru yang belum sertifikasi, namun tidak semua guru menyerahkan no rekening, termasuk kami yang masuk daftar peserta sertifikasi. yang kami pertanyakan apakah kami sudah tidak berhak lagi mendapatkan tunjangan tersebut meski masih proses menuju PLPG dan kami belum lulus sertifikasi?. karena setahu saya tunjangan tersebut diperuntukkan bagi guru yang belum sertifikasi bahkan masih dalam proses menuju PLPG. Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Balas

  3. Posted by ISba on Juli 26, 2012 at 10:29 pm

    Bagaimana dengan tunjangan non TPP bagi guru yang belum sertifikasi???Kapan cair??

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: