TFG (Non PNS)

SUBSIDI TUNJANGAN FUNGSIONAL

A.    Pengertian

Program subsidi tunjangan fungsional (STF) atau sering disebut Tunjangan Fungsionala Guru (TFG) adalah program pemberian subsidi kepada guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS) yang bertugas di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat yang melaksanakan tugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.

Guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS) adalah guru pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Program STF yang diberikan kepada GBPNS bersifat berkelanjutan sampai tahun 2015 sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

B.    Kriteria Guru Penerima

Subsidi Tunjangan Fungsional diberikan kepada guru bukan PNS pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kriteria guru penerima STF adalah  sebagai berikut:

  1. Guru bukan pegawai negeri sipil (GBPNS) pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat yang dibuktikan dengan Surat Keputusan yang diterbitkan oleh penyelenggara pendidikan;
  2. Memiliki masa kerja sebagai guru secara terus menerus sekurang-kurangnya 6 (enam) tahun dengan ketentuan, terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2006 secara terus menerus bagi GBPNS yang bertugas di se satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat, dibuktikan dengan surat keputusan pengangkatan pertama sebagai guru;
  3. Memenuhi kewajiban melaksanakan tugas minimal 24 jam tatap muka per minggu bagi guru yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Pembagian Tugas Mengajar oleh Kepala Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat atau ekuivalen dengan 24 jam tatap muka per minggu setelah mendapat persetujuan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan;
    1. Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala satuan pendidikan mengajar minimal enam (6) jam tatap muka per minggu atau membimbing 40 (empat puluh) peserta didik bagi kepala satuan pendidikan yang berasal dari guru bimbingan dan konseling/konselor;
    2. Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai wakil kepala satuan pendidikan mengajar minimal dua belas (12) jam tatap muka per minggu atau membimbing delapan puluh  (80) peserta didik bagi wakil kepala satuan pendidikan yang berasal dari guru bimbingan dan konseling/konselor;
    3. Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan, kepala laboratorium, kepala bengkel, kepala unit produksi mengajar minimal dua belas (12)  jam tatap muka per minggu;
    4. Guru yang bertugas sebagai guru Bimbingan Konseling paling sedikit mengampu seratus lima puluh (150) peserta didik pada satu atau lebih satuan pendidikan;
    5. Guru yang bertugas sebagai guru pembimbing khusus pada satuan pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan inklusi atau pendidikan terpadu paling sedikit enam  (6) jam tatap muka per minggu;
    6. Guru yang bertugas sebagai guru pada satuan pendidikan khusus seperti pada daerah perbatasan, terluar, terpencil, atau terbelakang; masyarakat adat yang terpencil; dan/atau mengalami bencana alam; bencana sosial; dan tidak mampu dari segi ekonomi;
    7. Guru yang berkeahlian khusus yang diperlukan untuk mengajar mata pelajaran atau program keahlian sesuai dengan latar belakang keahlian langka yang terkait dengan budaya Indonesia;
    8. Guru yang tidak dapat diberi tugas pada satuan pendidikan lain untuk mengajar sesuai dengan kompetensinya dengan alasan kesulitan akses dibandingkan dengan jarak dan waktu.
    9. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
    10. Memiliki nomor rekening tabungan yang masih aktif  atas nama penerima STF.
    11. Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik.


235 responses to this post.

  1. tfg 2012 kapan cairnya Pak?……

    Balas

  2. Pak Anton, mau tanya ya…klo thn2 sblmnya mendapatkan dana TFG apa ada kemungkinan tdk mendapatkan untuk thn ini dan thn2 berikutny? klo benar, apa penyebabnya? mohon penjelasannya….matur suwun…ngapunten……

    Balas

    • Mulai thn 2012 ini, usulan TFG dan Kualifikasi S1 mggnkan aplikasi NUPTK.
      Jd klo data nuptk tdk valid (tdk memenuhi syarat) maka tdk akan terbit SKnya.
      Prosedurnya adl. hrs diusulkan dulu ke dinas pend. kab. Melalui UPTD, selanjutnya dientri pd sistem.
      Klo memenuhi syarat dan kuota mencukupi pasti akan terbit SK Tunjanganya.

      Jd mhn dipastikan dulu thn ini diusulkan apa tdk ?
      Klo tdk diusulkan yaa Ъk mgkn dpt tunjangan.

      Balas

      • begitu ya pak!!! tapi bagaimana dengan sudah diusulkan dari UPT namun tidak ada dalam daftar penerima tunjangan?

      • banyak faktor jika memang sdh diusulkan tp tdk di terbitkan SK TFG oleh kemendikbud, mungkin masa kerja setelah 1 januari 2006 ato tdk menenuhi 24 jam /mgg

  3. eeemm…begitu ya Pak…..berarti tergantung UPTD ya Pak…klo UPTD mengusulkan berarti dapat…klo UPTD ga mengusulkan (mskpn memenuhi syarat) berarti ga dapat…ngerti saya skr Pak…makasih penjelasannya ya Pak…

    Balas

  4. Pak Anton, td siang (5 juni 2012) sy dpt informasi dr upt melalui forum rapat igtki, katanya utk thn ini kuota penerima TFG berkurang dr thn sebelumnya, apa benar Pak?..

    Balas

    • ​​​​​‎​​•*˚*•(*) Îγα™ (*)•*˚*• Bener, info dari dinas propinsi jatim utk jenjang TK kuota thn 2012 kab.Gresik cuma 825 orang.
      Padahal thn lalu dpt kuota 900 lebih.
      Yaa.. Mudah2an msh ada tambahan kuota lagi.
      Amiin…

      Balas

      • Amiiiiin…semoga ya Pak….trus untuk pengurangannya berdasarkan apa Pak? biar sy bs menjelaskan k tmn2 guru d sklh sy ( tk darussalam) brngkl slh st diantara kami ada yg masuk daftar pengurangan itu, mrk bs legowo, tmn2 akan lbs pas klo keterangannya lngsng dr Pak Anton…terima kasih

      • Posted by awang on Januari 1, 2014 at 2:03 am

        PA KO SAYA SKTP NY BL KEUAR TERUS….CUMA ADA KETERANGAN DATA GURUNYA AJA……PADAHAL DI DAPODIK SEKOLAH SAYA CEK DIKETERANGAN TUNJANGAN FUNGSIONAL DARI 2009-2013 MASIH MENERIMA SEDANGKAN KENYATAANYA TAHUN INI SAYA BLM MENERIMA JD BINGUNG MAKSUDNYA GMNA GK JELAS

      • mulai thn 2013, usulan aneka tunjangan berdasarka Data Dapodik

  5. untuk jenjang smp kapan pak ?

    Balas

  6. ma’af pak….
    kug d’ data TFG TK itu banyak yang kosong ya?????
    knp?????

    Balas

  7. Assalamu’alaikumk Wr. Wb.

    Pak Anton… Kapan ya TFG Kuota Th.2012 Cair..

    M’kasih sebelumnya..

    Balas

  8. Posted by fahimatul himami (SMP YPI NASRUL UMAM on Agustus 6, 2012 at 7:02 am

    assalamu’alaikum pak arif ,maaf mau tanya tentang
    untuk TFG jenjang SMP itu belum keluar atau memang tidak keluar

    Balas

  9. Posted by fahimatul himami (SMP YPI NASRUL UMAM) on Agustus 6, 2012 at 7:04 am

    maaf pak arif
    mau tanya , untuk pengumuman PLPG gelombang 6 itu kapan pak?

    Balas

  10. Assalamualaikum…. pak

    Mohon ma’af pak mau tanya, apa TFG untuk guru Non PNS jenjang SD akan bisa keluar tahun ini pak, kalau bisa keluar kira-kira kapan ya pak. Soalnya TFG untuk TK sudah keluar. Teman-teman banyak yang resah dan mengira kalau TFG tahun ini tidak akan keluar. Mohon penjelasan bapak. Terima kasih

    Balas

    • TFG tahun ini pasti cair, tapi sampai saat ini utk tingkat SD, SMP, SMA dan SMK kami belum menerima data pencairan dari Dispendik Provinsi Jatim.
      memang utk tingkat TK sudah ada data pencairannya dan itu baru sebagian belum semua cair.

      mohon sabar aja menunggu…

      dan perlu diingat, mulai tahun ini utk jenjang DIKDAS (SD dan SMP) usulan TFG semua melalui aplikasi NUPTK
      jadi yg tdk memenuhi syarat pasti tdk akan diterbitkan SK oleh Kemdikbud.

      Bisa dipastikan akan banyak yg tdk terbit SK alias TDK AKAN CAIR krn kemarin saya cek masih ada yg statusnya TENAGA KEPENDIDIKAN atau GURU tetapi masa kerja belum 6 tahun.

      Balas

      • Mohon maaf bapak, selain masa kerja yang harus minimal 6 tahun, apakah ada persyaratan lain yang menyebabkan SK Pencairan TFG tidak akan turun bapak, mohon penjelasan dari bapak. Supaya saya bisa menjelaskan hal tersebut kepada teman-teman yang nantinya SK nya tidak turun. Terima kasih banyak bapak.

        Dan satu hal lagi, saya mohon tanya apakah benar insentif untuk SD dihapus seterusnya dan kita yang tenaga sukwan di SD tidak akan mendapatkan insentif lagi bapak. terima kasih dan mohon informasi dan penjelasan dari bapak

      • Kriteria utk mendapatkan TFG sdh kita tampilkan di menu TFG (Non PNS) –> silahkan dibaca.

  11. Mohon maaf bapak, mohon tanya lagi apakah benar insentif untuk SD dihapus untuk tahun 2012 dan seterusnya dan kita yang tenaga sukwan di SD tidak akan mendapatkan insentif lagi bapak. terima kasih dan mohon informasi dan penjelasan dari bapak. Mohon maaf jika ada salah2 kata. Terima kasih

    Balas

    • Memang aturanya guru dilembaga negeri tdk boleh menerima insentif.
      Jd sepertinya utk thn 2012 tdk bisa diharapkan.
      utk thn depan masih diusahakan agar bisa berjalan spt thn lalu, tetapi mekanismenya pasti berubah.
      mohon do’anya agar semua berjalan lancar.

      Balas

      • Amin. . . . Mudah-mudahan semua akan berjalan dengan lancar ya pak, insentif akan bisa berjalan seperti tahun lalu dan TFG akan bisa cair secepatnya. . . supaya bagi guru-guru sukwan tidak menjadi hari raya yang kelabu heheh……..amin. . . amin . . .

  12. Mas arif kapan TFG akan cair mas, supaya gak jadi Hari raya yang suram buat kita-kita yang sukwan ini??? Mohon info. Makasih

    Balas

  13. Maaf mas mau nanya nih. Kapan ya kira-kira TFG bisa keluar. Apa bisa keluar sebelum hari raya mas, biar tidak menjadi hari raya yang kelabu buat kita-kita yang sukwan ini. Mohon infonya mas. Makasih banyak…..

    Balas

  14. Pak! maaf juga nih numpang tanya. Kapan ya kira-kira TFG akan cair. Makasih pak???

    Balas

  15. Posted by rega on Agustus 10, 2012 at 7:56 am

    Assalamualaikum…
    Pak mau nanya, kalo untuk yg di linkungan kementerian agama apa syarat2nya juga sama? terima kasih atas jawabannya

    Balas

  16. Posted by Rany on Agustus 11, 2012 at 9:53 am

    kbr2x surabaya TFG ud keluar yah pak, apa benar????

    Balas

  17. Kapan ya mas TFG nya keluar, kasihan nih yang sukwan gak dapat apa2. insentif di cabut, TFG gak keluar2?

    Balas

  18. TFG Kabupaten Lamongan udah keluar kok mas, tadi pagi saya ke Bank Mandiri buat ambil uang, ada banyak sukwan udah ambil TFG nya, Gresik kapan ya Keluarnya?? Makacih

    Balas

  19. Kalau bisa minta tolong dipostingkan ya mas, Data Pencairan TFG non PNS SD, Terima kasih banyak mas

    Balas

  20. Posted by Liw on Agustus 27, 2012 at 9:18 am

    Kami juga menunggu info cairnya TFG pak, mengingat beberapa teman-teman guru juga sdh membuka rek di Mandiri, yang nilainya juga lumayan bagi kami

    Balas

  21. maaf pak mau nanya kita guru-guru yang mengajar ABK, kemarin kita diajukan karena masih ada kuota tp sekarang kok nama-nama kami tidak terdaftar? mohon penjelasannya, terima kasih

    Balas

  22. Posted by meita on September 11, 2012 at 4:22 am

    assalamualaikum bapak, mohon maaf bagaimana dengan guru yang disuruh membuka rekening mandiri untuk diusulkan mendapatkan TFG? sedangkan disini daftar guru non pns dengan rekening BRI. terimakasih

    Balas

    • Tahun 2012 ini ada 3 bank mitra (BNI, Bank Mandiri dan BRI) yg ada MOu dg Kemendikbud
      maka pencairan TFG disesuaikan dg data pencairan yg ada.
      apabila sdh terlanjur buka rek.Bank Mandiri ternyata didata pencairannya memakai rekening BRI.
      itu artinya cairnya di Bank BRI.

      Balas

  23. Posted by Ainur Rofiq on Oktober 13, 2012 at 5:04 am

    Pak Anton gimana kbrnya TFG bank mandiri yang kemarin terjani kesalahan ? kok blm cair sampai sekarang.

    Balas

  24. Posted by rio nuruwe on Oktober 22, 2012 at 12:09 pm

    Bpk/Ibu yg saya hormati kpn pnutupan pndftaran TFG ?

    Balas

    • Utk jenjang Paud (TK) masih blm ada pendataan
      utk jenjang Dikdas (SD dan SMP) cukup menyelesaikan data DAPODIK sampai 100%
      utk jenjang Dikmen (SMA dan SMK) terakhir tgl 31 Oktober 2012

      Balas

  25. Posted by amm on Oktober 31, 2012 at 2:48 am

    pak terus bagaimana nasib qita PTT yang ada di instansi Negeri pak ………………………………

    Balas

  26. Posted by dian on November 5, 2012 at 1:09 am

    pak untuk TFG jenjang SMA yang d rekening bank mandiri kok belum cair padahal kita sudah menyerahkan fotocopy rekening mandiri kita yang aktif k Dispendik Gresik awal bulan september lalu,,, ?????

    Balas

  27. Pak saya dengar-dengar insentif selama setahun yang kemaren tidak keluar untuk SD akan keluar sekaligus pada bulan Desember 2012 nanti, benar apa tidak pak ya? Makacih banyak bapak. Mohon informasinya.

    Balas

  28. Terus ini teman-teman titip pesan ke saya untuk di tanyakan. Kira-kira TFG untuk SD yang sisa 6 bulan untuk 2012 akan keluar kapan ya pak kira-kira??? Terima kasih banyak pak dari saya dan teman-teman

    Balas

  29. Posted by ferda on November 29, 2012 at 6:48 am

    kami mengharapkan pula TFG akan ditingkatkan.Kasian yaa GTT ada yang tidak menerima tambahan penghasilan

    Balas

  30. Posted by Ainur Rofiq on Desember 18, 2012 at 1:14 am

    Ass. Yth Bpk Anton gimana kelanjutan reg mandiri yang salah ,mohon info nya !

    Balas

  31. Posted by wdodo mawon on Desember 20, 2012 at 11:01 am

    maaf pak kalau boleh tahu,..kenapa TFG saya kok tidak cair tahun ini.. di SD BAMBE 2 ada 3 org yg mendapatkan, tp skrg tnggal 2 teman sy yg dpt,krn nama sy sdh tk tercantum lg.., padahal dr 2 org tsbt saya yang paling lama masa kerjanya,…kenapa ya pak.mohon diberi penjelasan biar sy lebih legowo. matur sembah nuwon.

    Balas

    • memang thn ini ada pengurangan kuota, tetapi yg tidak fair proses perangkingan yg kurang benar.
      kami sudah protes ke provinsi, tetapi jawaban pihak provinsi penerbitan SK adalah wewenang Pusat (Kemendikbud)
      jadi yg cair adalah data awal itu saja.

      Balas

  32. Ya mas untuk pencairan TFG tahap 2 dari BRI hanya cair untuk 3 bulan yakni sebesar 900.000. sedangkan sisanya yang 900.000 tidak jelas kapan akan cairnya. padahal biasanya pencairan pertama sebesar 1.800.000 untuk 6 bulan, begitu juga untuk yang tahap 2. ini BRI malah gak karuan gini mas. Dulu di Bank mandiri gak seperti ini. makasih mas

    Balas

  33. Posted by Ristin on Januari 3, 2013 at 3:49 pm

    Pak, apakah punya data penerima TFG 2012 dekon Propinsi Jatim untuk wilayah Surabaya tingkat SMK? Atau mungkin data returnya?

    Balas

  34. Posted by wdodo mawon on Januari 11, 2013 at 2:17 pm

    Maaf msh mengenai TFG Pak Apa boleh , saya diberikan alamat email yang bs sy tuju untuk tingkat Provinsi …?

    Balas

  35. Posted by bambang on Januari 14, 2013 at 3:29 am

    UNTUK PENCAIRAN FUNGSIONAL MA DI KAB.SAMPANG 2012 TAHAP 3. KAPAN, PAK?

    Balas

  36. Posted by uli on Januari 16, 2013 at 2:36 am

    ass.pak ada ga tunjangan buat staff Tu SD swasta dari diknas kabupaten kuburaya

    Balas

  37. Posted by labis on Januari 31, 2013 at 8:05 am

    pak kapan data usulan TFG tahun 2013

    Balas

  38. Ass. wr wb
    ada usulan Penerima TFG tahun 2013 tidak? syaratnya apa saja? terima kasih.

    Balas

  39. Posted by ESTY on Februari 5, 2013 at 2:16 am

    Maaf pak nderek tanya, untuk TFG tahun 2013 apa quota dari tahun 2012 masih dikurang lagi ya, matur suwun informasinya

    Balas

  40. Posted by ESTYNAY@YAHOO.CO.ID on Februari 8, 2013 at 12:59 am

    assalamualaikum, mohon maaf pak ini mau tanya untuk tahun 2013 data penerima tunjangan fungsional apa baru lagi, soalnya gtt sekomlah negeri sekarang sepertinya pada kekurangn jam mengajar,matur suwun, wasalam

    Balas

  41. Posted by Aip saripudin on Februari 10, 2013 at 7:43 am

    Tunjangan PTK Dikmen tahun 2013 kapan dicairkan?
    data sudah kami kirim dengan format PDF yang di satukan dalam file RAR. pengirim sman3pandeglang@ymail.com

    Balas

  42. ANEH ! Tidak Cair TFG Sekolah Negeri , dengan alasan SK nya hanya ditanda tangani kepala sekolah.Tapi kenapa Guru sukwan PAI yang sama sama ngajar dan sama sama ditandatangi oleh kepala sekolah Negeri, mereka dapat TFG. Perlu Bukti ? Cek SDN KUJANGSARI SERANGPANJANG SUBANG JAWA BARAT

    Balas

  43. guru mulok sd bhs inggris dpt pa ga y pak? mhn jawabannya trima ksh

    Balas

  44. TFG tidak terdaftar, Tunjangan Sertifikasi tidak dibayar. jadi sia-sia dapat Sertifikat Pendidik karena SK yang ditandatangi Kepala Sekolah Negeri tidak laku menurut aturan.Apakah ada info yg menyenangkan buat kami pak ?Honorer Negeri

    Balas

  45. Posted by Ponco on Maret 2, 2013 at 7:17 am

    Mas, TFG untuk SD thn 2012 apa sudah keluar semua (3.600.000) ? Saya sampai hari ini 2/3/2013 baru terima 2 kali (1.800.000 dan 900.000) sedangkan teman-teman saya semuanya sudah terima komplit (1.800.000, 900.000 dan 900.0000) terus kekurangan punya saya kapan ya ……….????
    Saya sudah tanya ke BRI jawabnya dananya belum masuk, apa kekurangan yang 900.000 itu masih bisa diharapkan atau memang cuma itu yang kita dapat ???
    Saya harus ngurus ke mana lagi ? Saya kuatir jangan-jangan untuk selanjutnya saya tidak dapat TFG lagi !!! Mohon penjelasannya Mas Anton.

    Balas

  46. Posted by tari on Maret 6, 2013 at 11:45 am

    Apakah syarat TFG harus 24 jam tatap muka pa, tahun 2012 alhamdulillah saya menerima TFG, apakah pembimbing ekskul tidak bisa dimasukkan dalam jumlah tatap muka. kemudian isian data dapodik juga tidak ada mengenai//memuat pembimbing ekskul apa tidak dihargai lagi?mohon balasannya, terima kasih

    Balas

  47. Posted by dermawan on Maret 8, 2013 at 10:08 am

    Pak bertanya lagi,ada titipan dari kawan.Katanya apa tidak bolah mendapat TFG dari 2 sekolah tapi jenjang yang berbeda?krn ada kawan yg mengajar di 2 sekolah satu di MTs di MI,tlng jwbnya terima kasih

    Balas

    • TFG diperuntukkan utk satu Guru, apabila mendapat 2 dana TFG salah satu harus dikembalikan (baik dari Kemendikbud maupun Kemmenag)

      Balas

  48. Posted by dermawan on Maret 11, 2013 at 10:29 am

    terimakasih atas keterangannya pak,jazakumullah khoir

    Balas

  49. Posted by iyan on Maret 25, 2013 at 4:53 am

    Ass, Bapak mohon dijelaskan saya honorer SMP sudah pernah menerima TFG Th. 2006 – 2011, tetapi yang 2012 tidak dapat, malah guru SD dapat semua, sekarang saya mengajukan lagi untuk 2013 kira -kira dapat apa tidak pak ? karena syarat 150 anak asuh sudah cukup (GTT BK ), nomor Rek aktif BRI dan pembagian jam mengajar sudah saya lampirkan beserta soft copy CD. Kapan pak cairnya kalau saya dapat ? terima kasih sebelumnya

    Balas

    • utk tahun anggaran 2013 ini usulan TFG tdk lagi melalui UPTD Kecamatan tetapi sumber datanya dari DAPODIK, apabila dapodiknya benar valid pasti bisa diusulkan.
      pengusulan TFG sudah ditutup per tgl 18 Maret 2013.

      Balas

  50. Posted by Budi Mulyana, S.Pd. on Maret 26, 2013 at 11:43 pm

    TFG Non PNS 2013 kpan cairnya?

    Balas

  51. Untuk cek TFG NON-PNS gimana caranya ya ?

    Balas

  52. Posted by Achmad Bashori on April 2, 2013 at 2:15 pm

    Mas tanya, salam silaturrahim… saya guru di SMPN 2 Kebomas yang terima TFG hanya 2 Guru saya dan teman saya….Saya yaitu 1 kali (1.800.000) sedangkan ….. teman saya semuanya sudah terima komplit (1.800.000) dan di bulan desember 900.000 dan 900.000) total 3.600.000 terus kekurangan punya saya kapan ya ?
    saya sudah ke CS-nya bank BRI di Pangsud katanya dana/saldonya sudah nol terus suruh tanya ke Diknas kira2 menemui siapa iya ?

    Balas

  53. Posted by Achmad Bashori on April 2, 2013 at 2:17 pm

    Mas tanya, salam silaturrahim… saya guru di SMPN 2 Kebomas yang terima TFG hanya 2 Guru saya dan teman saya….Saya hanya terima 1 kali yaitu (1.800.000) sedangkan ….. teman saya semuanya sudah terima komplit (1.800.000) dan di bulan desember 900.000 dan 900.000) total 3.600.000 terus kekurangan punya saya kapan ya ?
    saya sudah ke CS-nya bank BRI di Pangsud katanya dana/saldonya sudah nol terus suruh tanya ke Diknas kira2 menemui siapa iya ?

    Balas

  54. Posted by deden ferdian syah on April 9, 2013 at 2:57 pm

    Ass…pak kabupaten cirebon pada tanggal 9 april 2013 sudah ada yang menerima tunjangan fungsional tetapi yang biasanya dapat kok sekarang tidak dapat? apa penyebabnya?Agar kami bisa perbaiki untuk yang akan datang…tq

    Balas

  55. Posted by NASRUNG on April 12, 2013 at 12:36 am

    Ass…pak apa sy uda dapat tunjangan TFG tahun ini krn slama sy mengabdi blm sama skali mendapat TFG pak dan sy uda lama mengabdi.dari timika papua

    Balas

  56. pak data tfg tahun 2013 kok belum ada?saya sudah mengusulkan tahun 2012 dulu lho pak dan datanya sudah saya cek di tempat kerja pean

    Balas

  57. Posted by Vega Arieanto on April 15, 2013 at 1:28 pm

    Ass… pak ada berita diblog : pejalan-sunyi.blogspot.com, tentang Daftar SK. TFG 2013 tanggal 09 April 2013, apakah berita tersebut benar?

    Balas

  58. Pak Anton mohon penjelasannya, sebenarnya apa dasar/acuan untuk memperoleh TFG?kalo memang ada batasan kuota, berarti harus diranking dong pak, dan perankingan berdasar apa juga harus jelas…masa kerjakah/atau usiakah?…sehingga kami guru non pns ada kejelasan….harus transparan dong pak…

    Balas

    • sdh kami sampaikan jauh hari bahwa thn 2013 ini khusus jenjang dikdas (SD dan SMP) semua bantuan/tunjangan dari pusat sumber datanya dari DAPODIK.
      kuota yg diberikan ke kab.Gresik utk TFG sekitar 900 lebih, akan tetapi yg memenuhi syarat pd waktu itu cuma 700an.
      jadi usulan kmrn tdk ada perangkingan, semua kita usulkan.
      bahkan kita kehilangan jatah kuota krn kuota yg diberikan lebih besar dg yg memenuhi syarat.

      Balas

  59. pak mau tanya daftar penerima tfg tahun 2013 apa sudah keluar? trima kasih…

    Balas

  60. Posted by khuffatul ilmah hambali on April 19, 2013 at 4:03 am

    askum pak anton kok nama saya tidak ada didata sk TFG tahun 2013 tmen saya yg mengajarnya sesudah saya kok dapat padahal saya sudah 24 jam tolong dijawab pak nggeh……

    Balas

    • berarti pd waktu usulan TFG melalui aplikasi data jenengan blm valid, jd masuk kolom tdk memenuhi syarat.
      meskipun dilapangan benar 24 jam, akan tetapi aplikasi cuma bisa membaca data saat itu.

      Balas

  61. Posted by yuly on April 20, 2013 at 11:01 am

    pak anton, biasanya data saya dan kedua teman saya ada dalam usulan, apa ada hubungannya dengan valid tidaknya didapodik. kemaren katanya kalo sukwan ndak bisa valid pak? trus solusinya gimana pak?

    Balas

  62. Pak Arif. Ngapunten kulo nyuwun tanya. Apakah sk tfg thn 2013 non pns tingkat sd sudah keluar Pak? Kalau Sdh mohon di upload ke blog ini bpk. Karena kita semua bingung, karena ada sk tfg yg keluar di blog pejalan-sunyi. Blogspot.com. Apakah sk tersebut benar dan akurat bpk. Mohon info dan penjelasan saking panjenengan. Terima kasih dan selamat bertugas

    Balas

  63. apa gak bisa sebelum difinal diumumkan dulu pak nama2 yang tidak memenuhi syarat? mengingat ini berhubungan dengan nasib para guru non pns yang sampai sekarang kesejahteraannya masih jauh dari layak….toh kemarin2 kalo cair “tanda syukur” dari kami khan ada….walaupun mungkin relative kecil nominalnya bgi jenengan yang ada di dinas…mohon perhatiannya pak

    Balas

  64. Posted by yasmin on April 22, 2013 at 2:49 am

    assalamualaikum wr wb, pak mau tanya sy sdh liat nama2 guru yg mendapat tfg th 2013. lalu untuk tindak lanjutx seperti apa?
    terima kasih.

    Balas

  65. Posted by roni on April 22, 2013 at 2:59 am

    assalamu’alaikum wr. wb
    mohon dibantu mas anton..temen2 yang TFGnya g cair. bagi kami sangat berarti pencairan TFG ini….mohon bantuannya supaya bisa cair sperti yang lain….

    Balas

  66. pak gmn pak….data usulan tfg saya di ajukan pada tahun 2012 dan tinggal nunggu sk propinsi saja….apakah tahun 2013 ini saya uda dapat tfg pak?padahal saya cek di sampean pak dan datanya uda masuk ke sampean terus sampean bilang insya allah taun 2013 sudah dpt tfg

    Balas

  67. Pak Anton yang baik hati. Ngapunten kulo nyuwun tanya. Apakah sk tfg thn 2013 non pns tingkat sd sudah keluar Pak? Kalau Sdh mohon di upload ke blog ini bpk. Karena kita semua bingung, karena ada sk tfg yg keluar di blog pejalan-sunyi. Blogspot.com. Apakah sk tersebut benar dan akurat bpk. Mohon info dan penjelasan saking panjenengan. Terima kasih dan selamat bertugas

    Balas

  68. Posted by ARIF NUR AFIFAH on April 23, 2013 at 8:36 am

    apakah guru yang sudah bersertifikat pendidik tidak berhak mendapat TFG

    Balas

  69. Posted by wiwik on April 25, 2013 at 10:45 am

    Mas Anton mau tanya kalau tidak keluarnya nama kami sebagai penerima TFG karena dapodiknya yang belum valid apakah tidak ada kebijakan lainnya krn itukan bukan kesalahan kami dan itu sangat merugikan sekali trmakasih banyak

    Balas

    • semua ini kebijakan Pusat, jadi kami tdk bisa membantu apabila pd saat itu Dapodik tdk valid

      Balas

      • Posted by nurus on April 30, 2013 at 4:03 am

        Maaf pak kami sependapat dengan sdr wiwk karena kami tidak mendapat pemberitahuan sama sekali kalau misalnya dapodik kami kurang lengkap. kalau memang kurang lengkap, koq tahun-tahun sebelumnya kami menerima TFG? kenapa sekarang datanya tidak ada ???
        Trima kasih

      • walaah.. sapa bilang gk ada pemberitahuan sama sekali.
        saat sosialisasi dapodik pasti dah diinformasikan bahwa Dapodik akan berpengaruh ke semua bantuan dari Pusat (BOS/BSM/USB/RKB dan tunjangan (Profesi/khusus/Fungsional/Peningkatan kualif. akademik S-1).
        trus kami di Kepegawaian jg mengingatkan kembali pentingnya Dapodik (silahkan Baca postingan kami tgl 26 Nov. 2012 : Pendataan DIKDAS (SD dan SMP) Tahun 2013)

  70. Mas, data tunjangan fungsional guru non pns diambil berdasarkan apa ? apa ada pengajuan khusus? kalau ya, lewat mana ?

    Balas

  71. Posted by wahyuni on Mei 1, 2013 at 4:18 am

    Pak mau nanya nich….yang dapat TFG rata2 yang pegang kelas…padahal kita yang mapel punya jam mengajar 24 jam…

    Balas

  72. maaf pak, kalau begitu saya mau tanya bagaimana caranya agar saya mengetahui berita terbaru yang ada di blog njenengan. apakah bisa lewat HP jg ? terima kasih :)

    Balas

  73. Posted by sdn gulomantung on Mei 3, 2013 at 2:46 am

    Assalamualaikum..
    Pak mau tanya untuk pendataan NUPTK thn 2013 ini kira2 kpn ya pak? saya sudah 5thn mengajar tapi NUPTKnya belum keluar juga?
    Tolong dibalas..
    Trimaksih

    Balas

    • ooo…itu dapodik kamu ga valid mas…sabar ya…lanjutkan..!!!

      Balas

      • Mohon kalo komentar yang sopan..
        apabila ada kekurangjelasan silahkan langsung ke Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik (bag. Kepegawaian)
        nanti kami akan berusaha menjelaskan, krn memang tahun ini semua berdasarkan dapodik sekolah masing2.

  74. mohon juga tanggung jawabnya pak, sebagai analoginya untuk pembanding:
    kalo ada sekolah dalam hal ini guru, punya anak didik ikut UN sebanyak 900 anak, kemudian terjadi 200 Anak tidak lulus, dimana secara persentase adalah 22 % tidak lulus !!!,….. apakah si guru tersebut tidak dimintai pertanggung jawabaan??…. apakah etis si guru tersebut dengan entengnya bilang” ooo, itu salah kalian sendiri tidak belajar, dst,dst ………”???. dalam kasus TFG tahun ini juga sama pak anton yang budieman, ada kuota 900 diberikan ke dinas,….kemudian terjadi 200 tidak lolos !!! apakah etis anda bilang salah guru tidak update dapodiknya ???….ingat pak, yang real terjadi tahun2 kemarin kami para guru sukwan tiap cair TFGnya, setor/dipungli rata2 100 rb s/d 300 ribu, bahkan tahun kemarin yang biasanya ga dapat kemudian dapat, rela dipungli s/d 700 rb…!!! DAN ITU REAL TERJADI MR ANTON…!!!… apakah secara moral kalian oknum dinas tidak merasa bersalah…???. tolong kalo punya nurani renungkan pak…..mau yang haram2 ta?

    Balas

  75. Posted by Hatta Djaenudin on Mei 9, 2013 at 12:46 am

    kapan terbit sk tunjangan fungsional, sampai hari ini belum terbit

    Balas

  76. Posted by Anis Ma'ani on Mei 17, 2013 at 6:44 am

    Saya merasa memenuhi kriteria untuk dapat TFG tapi kok g dapat kenapa ya?

    Balas

  77. Posted by abd. Asiz on Mei 18, 2013 at 3:25 pm

    pak! apakah TFG bagi Guru GTT yang ber SK akan terus berlanjut?

    Balas

  78. Posted by MorNay on Mei 21, 2013 at 4:49 am

    Pak, Kalo Kriteria yang mendapat TFG itu ada untuk Guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala perpustakaan, kepala laboratorium, kepala bengkel, kepala unit produksi….
    gimana kalau Guru yang ada tugas tambahan sebagai TU (Tata Usaha / Tenaga Administrasi) ????
    apakah bisa juga mendapatkan TFG ??
    Bagaimana Caranya???
    Trim’S

    Balas

  79. Posted by MorNay on Mei 24, 2013 at 2:00 am

    Kenapa Pemerintah tidak memperhatikan nasib para Tenaga Administrasi…
    Padahal dalam Pendataan TPP dan TFG…. Tenaga Administrasi dan Operator Disdik lah yang SUSAH…..
    sudh dapat hinaan dan ancaman,, tapi yang menerima Tunjangan hanya mereka-mereka yang mendapat Kesejahteraan..

    Balas

    • ya emang itu udah jadi tugas tenaga administrasi, masing2 khan udah ada job desk sendiri2?…. digaji tiap bulan ya ngurusi keadministrasian…. agak aneh logika berpikir anda???……

      Balas

  80. Posted by BEJA-BEJO TFG GTT 2012/2013 ver 2 on Mei 28, 2013 at 7:51 am

    “Untuk pencarian TFG GTT 2012/2013 berbeda dengan tahun sebelumnya…. Saat ini nampaknya mengalami HUMAN EROR,. seperti Lelucon yang menggelikan… BEJA-BEJO..dengan data DAPODIK sebagai Tumpuan… ” semoga tidak ada Korban Perasaan dan Kesalahan DAPODIK lagi untuk tahun yang akan datang agar apa yang selayaknya menjadi hak seseorang tidak terabaikan dengan munculnya BEJA-BEJO pencairan TFG GTTsaat ini..

    Balas

  81. Posted by dalis huri on Juni 14, 2013 at 1:53 pm

    kapan tunjangan fungsional di realisasi sama depag loteng pak ini sudah bulan ke enam

    Balas

  82. maaf pak Anton, untuk syarat :”Memiliki masa kerja sebagai guru secara terus menerus sekurang-kurangnya 6 (enam) tahun dengan ketentuan, terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Januari 2006 secara terus menerus bagi GBPNS yang bertugas di se satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat, dibuktikan dengan surat keputusan pengangkatan pertama sebagai guru”……kok dari guru2 penerima TFG banyak yang TMT nya mulai 2007 juga dapat?.apa tidak melanggar aturan itu?…terima kasih

    Balas

  83. itu salah satu contoh,….kebetulan saya iseng2 kompare data penerbitan SK TFG 2013 VS DATA NUPTK GRESIK dengan metode random hasilnya kayak gitu, ini membuktikan data dapodik sebagai acuan tidak bisa dipertanggung jawabkan, sangat ironis data tidak bisa dipertanggung jawabkan tapi masih digunakan sebagai satu2nya acuan dalam pencairan TFG…. mohon dievaluasi lagi….suwun

    Balas

  84. Posted by Fakry Dian Fajar on Juni 29, 2013 at 10:33 pm

    Untuk pencairan TFG tahap berikutnya, prediksi buLan apa Pak,, ???
    heheheh … Terima Kasih….

    Balas

  85. Posted by rahma on Juni 30, 2013 at 3:15 am

    Assalamualaikum. Maaf pak anton ada yang mau saya tanyakan. dulu saya bekerja di kec manyar dan mendapatkan dana TFG tapi setelah saya pindah kec. Gresik dana itu berhenti, knp ya??????

    Balas

    • utk jenjang SD/SLB dan SMP tdk perlu usulan krn semua etrgantung dapodik masing2 sekolah.
      utk jenjang selain diatas, mgkn tidak diusulkan di tempat yang baru.

      Balas

  86. Posted by rahma on Juli 5, 2013 at 5:24 pm

    Mohon maaf pak anton bearti saya tidak bisa mengajukan atau mendapatkan dana tersebut lagi. Seandainya saja bisa…???? Bgmn caranya agar saya mendapatkan dana TFG tersebut lagi???? Dan anehnya ditempat saya yang baru penjaga sekolah dan satpam mendapatkan dana tersebut, yg saya tanyakan apakah hal ini sudah sesuai dengan posnya

    Balas

  87. Posted by rahma on Juli 5, 2013 at 5:46 pm

    Pak seandainya ada cara supaya saya bisa mendapatkan dana tunjangan profesi maupun tunjangan fungsional lagi….????!!!!

    Balas

  88. Posted by MULIYANA on Juli 27, 2013 at 9:55 pm

    pak,kpn tfg tahap 2 cair?

    Balas

  89. Posted by amin santoso on Juli 28, 2013 at 4:52 am

    maaf pak mau tanya, kemaren saya mendapat TFG 2013 di rekening bank mandiri tapi rek mandiri lap sehingga tunjangan dak, kemudian atas bapak buat lagi rek mandiri mandiri dan di copy berkas di meja bapak, terus gimana skr nasib dari amin santoso guru sma negeri 1 sangkapura

    Balas

  90. Posted by Ibnu Abdillah on Agustus 20, 2013 at 9:55 am

    Pak, maaf mau tanya apa TFG 2013 yg tahap 2 memang keluarnya bertahap…?? soalnya temen saya udh kluar, sedangkan saya msh blom kluar. mohon penjelasannya. trima kasih.

    Balas

  91. pak untuk penerima tfg tk belum ada ta?

    Balas

  92. Posted by yeni on Agustus 24, 2013 at 4:42 am

    sy guru grobogan,yang daerah grobogan untuk verval katanya nunggu mou dari mapenda.nah mapenda sendiri ga tau kapan mounya padahal validasi nuptk batasnya september terus nasib guru madrasah gmn?padahal pengisian data dapodik adalah data untuk mendapatkan semua tunjangan mulai tunj profesi, tunj fungsional gmn solusinya

    Balas

  93. kasihan guru yang bukan pns tfg belum cair

    Balas

  94. Saya adalah guru bukan PNS Di SD Negeri Sadapeerarih. Masa kerja saya 17 tahun. Jumlah jam mengajar saya adalah 35 Jam mengajar per minggu.saya mempunyai NUPTK. Saya belum mendapatkaan tubjangan fungsional guru non PNS untuk bulan Januari s/d juni 2013. Apakah masih bisa untuk mendapatkanya? Pertanyaan yang kedua, Bagaimanakah cara mengusulkan TFG (tunjangan fungsional guru non PNS untuk bulan Juli s/d Desember?
    Terimakasih.
    Antonius B.

    Balas

    • utk tahun 2013 ini sdh tidak ada usulan TFG lagi, krn kuota sdh ditutup.
      klo dadopiknya valid 24 jam pasti bisa diusulkan utk tahun depan.

      Balas

  95. Posted by siswati on November 15, 2013 at 6:14 pm

    apakah guru bhs inggris punya kemungkinan dpt tf? krn kami ngajar 12 jam + tgs tambhan.

    Balas

  96. Posted by boyan on November 27, 2013 at 2:37 am

    tfg tahap 3 kapan cairnya pak?kan udah bulan november

    Balas

  97. Posted by buana on Desember 3, 2013 at 3:08 am

    kemaren saya menerima tfg 2 tahap…cairnya bulan april dan agustus….berarti kan uadah 2 tahap…..donk..?apa di des ini ndak ada lagi?mhn infonya

    Balas

  98. Posted by jumaiyah on Desember 4, 2013 at 2:32 am

    nama sy Jumaiyah,saya gtt mulai thn 2002 di SDN 2 Lampah Kec.Kedamean,.Permasalahan sy, di sekolah sy cuma ada 4 org guru termasuk sy yg masuk data PTK di dapodik..smua tunjangan sperti TPP dan TFG datanya ngambil dr DAPODIK..untuk bs mengirim data ke server dinas, kita hrs melengkapinya…krn hanya ada 4 PTK,..sy yg Sukwn hrs merangkap kls 1,2 dan 3 dlm laporan dapodik spy guru yg PNS TPPnya bs keluar..Pertanyaan sy, apakah sy nantinya bisa mendptkn TFG ??? utk thn kmrn sy tdk mndptkn TFG krn alasan Dapodik sy kurng lengkap..pdhl dulu2 sy dpt TFG..trimakasih

    Balas

  99. Posted by adi,putra on Desember 11, 2013 at 4:48 am

    pak mau nanya, saya kan sudah nyetor validasi dapodik, dan saya udah nyetor berkasnya untuk pengusulan tunjangan tahap ke dua, tp sampai skarang gk ada kbr mohon penjelasannya pak

    Balas

  100. Posted by diana on Desember 21, 2013 at 3:56 am

    Pak saya GTT di SD negeri tmt 2005 jam saya juga melebihi 24 karena sy gr kelas, tpi th 2013 sy g dpt tfg. Apakah jml peserta didik juga berpengaruh. Terima kasih.

    Balas

  101. sudah hampir akhir desember…..koq tf 2013 blm cair2 ya….padahal hutang sudah menumpuk……sebenrx mau cair ap ndak sich…….

    Balas

  102. Pak mu tanya TF tahap 2 kpn cair ??? Sya ngjr di Madrash ibtidaiyah di kota tangsel

    Balas

  103. Posted by Badriyatul faizah on Januari 2, 2014 at 4:37 pm

    Ass.. Pak anton, bln agsts 2013 sy sdh k kntor diknas menemui bpk u/ knfrmasi no.rek bru krn rek yg caik sdh d tu2p bank, kt bpk saat itu ‘ntar d konfrmsikan k pusat&sy tnggl cek sj’, kok smpai skrng tdk bs cair d rek sy yg br? Apa mmng tdk bs cair? Trims jwbnnya. Wss..

    Balas

  104. Posted by apoenk on Januari 3, 2014 at 2:17 am

    pak untuk yang salah no rekeningnya kapan cair??

    Balas

  105. Posted by hakim on Januari 3, 2014 at 4:00 am

    pak mau tanya TFG yang no rek bermasalah kapan cair makasih :)

    Balas

  106. Posted by mb tiwuk bunda dyta on Januari 3, 2014 at 10:12 pm

    maaf sblmnya, untuk th 2013 tfg cair triwulan I sm II sj pak, yang tiwulan III sm IV kapan ya pak? kok belum ada kabar sm sekali. trimakasih

    Balas

  107. Maaf pak kok gak di balas tentang pertanyaan saya no rek. yang retur…

    Balas

  108. Posted by Bintang Fajar on Januari 15, 2014 at 1:31 am

    pak, pa TFG tahun 2014 belum ada pengusulan baru? pa langsung data diambil melalui Dapodik?
    kira2 kapan kabar TFG keluar?
    trims

    Balas

  109. Posted by bintang Fajar on Januari 15, 2014 at 11:54 pm

    Asslm< pak untuk TFG tahun 2014 apa sudah ada pengusulan baru? apa langsung dari data dapodik?
    kira2 TFG kapan cair?

    Balas

  110. Posted by aan kurniawan on Januari 16, 2014 at 4:01 am

    Tahun 2012 saya dapat TFG tp ktika Tahun 2013 tidak dapat, katanya data di dapodiknya tidak falid. trus bagaimana biar memperoleh lagi? andaikata dapat lg d tahun 2014, pemberitahuannya melalui apa?

    Balas

  111. Kl TMT mengajarnya belum per 1 januari 2006 ( misal mulai tahun 2007) tetapi memiliki tugas tambahan sebagai Kepala bengkel, kira-kira masuk kriteria penerima TFG tidak pak?

    Balas

  112. tolong.. kalau membagi-bagi tunjangan itu ya adil dikit dong.. jangan guru aja yang diperhatikan disatu sekolah itu bukan guru aja isinya.. tenaga administrasi,perpustakaan, UKS, penjaga sekolah, masa udah gajinya dikit suruh jadi pendengar aja dan gigit jari. gih nopo boteen.

    Balas

    • memang kebijakannya Tunjangan hanya utk GURU (tenaga Fungsional).
      kami sendiri yg nangani tunjangan guru juga tdk ada tunjangan khusus koq.
      yach yg sabar dan disyukuri aja.

      Balas

  113. tolong pk pikirkan nasib penjaga sekolah juga

    Balas

  114. Posted by yuyun dewi on Februari 10, 2014 at 6:51 am

    thn 2013 sy mndapat tunjangan tfg…pertengahan 2013 kok tdk cair lg? memeng tfg dikluarga berapa bln sekali?………………..

    Balas

  115. Posted by yuyun dewi on Februari 10, 2014 at 6:56 am

    pada awal th 2013 saya menerima tunjangan tfg tapi saai ahir thn 2013 sampai saat ini tfg kok belum cair lagi? yang saya tanyakan pencairan tfg berapa bulan sekali dan berapa rp tujnagn tersebut yang dicairkan dalam setiap bulannya?

    Balas

  116. Posted by ida on Februari 26, 2014 at 8:17 am

    pak. apa nama yang masuk dalam daftar usulan 2014 sudah pasti masuk penerima TFG ta pak?

    Balas

  117. Posted by anis fuadah on Februari 27, 2014 at 1:22 am

    ass.pak saya mau tanya.Tahun 2013 kmrn alhmdlh saya dapat TFG lengkap 2 kali.Yang mau saya tanyakan, bulan oktober sekolah di mana saya mengajar dapat guru PNS baru 2 jadi sy skrg tdk dapat kls dan jam mengajar sy tinggal 18 jam,data dapodik sdh dikirim online,apakah tahun 2014 ini saya bisa dapat lagi TF???

    Balas

  118. assalamialaikum….pak saya mau tanya .saya seorang guru GTT disatker negeri dan sdh bersertifikasi n sdh keluar NRGnya,namun tunjangan profesional saya blm bisa cair…dan saya disyaratkan untuk bisa cair harus mengajar disekolahan swasta spy mmlki SKY ( sk yayasn tmpat sy mengajr) sdngkan di SaTKER negri tmpat sy tgs sdh memenuhi syarat 36jam mengajar.mohon penjelasan.swn

    Balas

  119. Posted by Tiara on Maret 26, 2014 at 3:33 am

    Mohon Tanya pak, saya adalah guru honorer di SD Negeri. saya sudah mengabdi selama 9 tahun. Dulu saya adalah guru kelas 3. Tetapi di SD Kami, kami menerima guru baru yaitu guru bahasa inggris pindahan dari Kec. Driyo Rejo. kemudian tanpa ada rapat dengan saya, guru tersebut langsung di laporkan menjadi guru kelas 3 supaya guru tersebut bisa mendapatkan tpp, yang seharuskan kalau sesuai SK guru tersebut tetap guru bahasa inggris. Dan laporan saya di rubah menjadi guru bahasa inggris dan guru PLH yang jumlah jamnya tetap 24 jam tetapi tidak bisa valid masuk ke dalam laporan dapodik 24 jam, Karena tidak sesuai dengan Kurikulum. Mohon info atau sedikit solusi apa yang harus saya lakukan. Terima kasih

    Balas

  120. Posted by qomariyah on April 8, 2014 at 2:21 am

    Saya GTT di SMP negari dengan TMT 1 januari 2006 tahun kemarin dapat TFG. untuk tahun ini SK TFG di website dapodik tidak muncul. padahal jam mengajarnya sudah 28 jam/minggu

    Balas

    • dikarenakan kuota TFG utk thn 2014 ini ada pengurangan kuota hampir 50% (tahun 2014 : 1.030 orang sedangkan tahun 2014 : 557).
      maka kami rangking sesuai masa kerja (bagi yg memenuhi syarat).
      apabila di cek ternyata tdg ada Sk TFG, maka dipastikan tahun ini tdk dapat.

      Balas

  121. Maaf pak, semua 7 guru non pns tidak mendapatkan TFG itu bagaimana ya pak, apa yang salah dan apa yang harus dilakukan…??? terima kasih atas perhatiannya, kami tunggu

    Balas

    • utk thn 2014 ini, nominasi yg mendapat TFG adalam : masa kerja minimal 8 tahun dan JMM 24 jam/mgg.
      apabila di dapodik sdh muncul sesuai persyaratan diatas, InsyaAllah bisa diusulkan dan berhak mendapat TFG.
      apabila dapodiknya tdk valid sdh dipastikan thn ini tdk dapat TFG krn Kuota sdh TERPENUHI semua.

      Balas

  122. Posted by Nasrung on April 15, 2014 at 1:50 pm

    Assalamu alaikum?? Pak sy guru honor di sd yapis ranting 2 mimika papua sy dapat TFG tahun 2011 apakah di tahun 2014 ini sy dapat lagi pak??

    Balas

    • TFG tdk bisa dipastikan tiap tahun dapat meskipun sdh memenuhi persyaratan.
      krn semua tergantung usulan dari Dinas.
      utk pastinya silahkan ditanyakan ke Dinas setempat.

      Balas

  123. Posted by Agus Saifudin on April 17, 2014 at 2:33 am

    Assalamu’alaikum, pak saya mau tanya untuk SK TFG tahun ini apa sudah keluar, kalau sudah saya minta alamat untuk download

    Balas

  124. Posted by Nasrung on April 18, 2014 at 2:30 am

    Untuk kabupaten mimika papua pak,,,apakah sdh di cairkan??

    Balas

  125. Salam, Pak Anton Yth. di data saya nomer rekeningnya 3 digit yang belakang tidak jelas, ketika saya ke BRI diminta No. Rekening yang lengkap, dari mana saya bisa mendapatkannya Pak? “Mohon Pencerahan”, Terimakasih.

    Balas

  126. Posted by ann on Mei 8, 2014 at 12:25 am

    pak anton, untuk tfg 2014 kapan cair?

    Balas

  127. ass,,,,pak kami dari smp 17 glenmore banyuwangi jawa timur mau nanya,tfg saya tahun 2013 kok masih blum cair padahal dah dapat sk.terima kasih ya pak sebelumnya

    Balas

  128. Posted by sutek mardianto on Mei 11, 2014 at 10:07 am

    Tfg kami sampai saat ini belum cair pak padahal teman yg pencairan tfgnya melalui bank selain BRI semua sdh cair.
    Kira2 kenapa pak?

    Balas

  129. pak tgf sy blom bs cair,padahal yang lain dah cair ,sama2 melalui bank bri cabang nganjuk,prov.jatim, dr 17 orng hanya milik saya sendiri yg blom pak? trs gmn dan minta no telp kantor dirjen p2tk pendas,aku tggu jawabnya pak

    Balas

  130. tnya lg ya pak,hehe …sy gr non pns di sd,sk dan rek bank dah ada tp saldonya msih kosong padahal yg 16 org dah cair….tolng infonya apa yg hrs aku lakukan lg,

    Balas

  131. sk sdh ada no rekening bri dah ada,tp saldo msih kosong pak

    Balas

  132. Posted by dedy on Juni 2, 2014 at 3:48 am

    Untuk edaran TFG 2014 kira2 kpn yah…..thanks

    Balas

  133. Posted by noer on Juni 6, 2014 at 1:03 am

    kalo tenaga kependidikan non guru yang bukan PNS bgm pk…..

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: