TPP

TUNJANGAN PROFESI GURU

A.    Pengertian

Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) dimaksudkan untuk peningkatan mutu guru PNSD sebagai penghargaan atas profesionalitas untuk mewujudkan amanat Undang-Undang Guru dan Dosen antara lain mengangkat martabat guru, meningkatkan kompetensi guru, memajukan profesi guru, meningkatkan mutu pembelajaran, dan meningkatkan pelayanan pendidikan yang bermutu.

Tunjangan profesi yang dibayarkan melalui dana transfer adalah tunjangan yang diberikan kepada seluruh guru PNSD, kecuali guru pendidikan agama, yang telah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya.

Tunjangan profesi dibayarkan paling banyak 12 (dua belas) bulan dalam satu tahun, serta diberikan kepada seluruh guru PNSD terhitung mulai awal tahun anggaran berikut setelah yang bersangkutan dinyatakan lulus sertifikasi dan memperoleh Nomor Registrasi Guru (NRG) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

B.    Besaran

Tunjangan profesi bagi guru PNS Daerah adalah setara dengan 1 (satu) kali gaji pokok bagi Guru PNS sesuai peraturan perundang-undangan bagi guru PNSD yang memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan lainnya sesuai dengan petunjuk teknis ini, dan dikenakan pajak penghasilan berdasarkan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1983 Tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008.

Tunjangan Profesi bersifat tetap selama guru yang bersangkutan melaksanakan tugas sebagai guru atau guru yang mendapat tugas tambahan sebagai pengawas satuan pendidikan dengan memenuhi persyaratan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

163 responses to this post.

  1. Posted by dieytha on Juni 27, 2012 at 3:14 pm

    Minta info pencairan dana TPP wilayah sby. .
    Tolong segera di info kan. .
    Terima kasih. .

    Balas

  2. Posted by syarf on Oktober 11, 2012 at 3:05 pm

    mau tanya, kapan kira2 TPP triwulan III gresik cair, mengingat surabaya udah cair, terima kasih

    Balas

    • Pengajuan TPP Tahap 3 sdh kami kirim sejak tgl. 01 oktober 2012.
      Tetapi info dari DPPKAD dana dari pusat belum turun, jadi blm diproses.
      Ditunggu aja, mudah2an akhir bln ini bisa cair.

      Tirms

      Balas

      • Posted by syarf on Oktober 12, 2012 at 1:17 am

        terima kasih pak, Pak apa turunnya dana ari pusat itu tiap daerah lain waktunya.

      • Sepertinya begitu.
        Saya sendiri tidak tahu, soalnya dana turun dari APBN tidak melalui dinas pendidikan tetapi langsung ke DPPKAD kabupaten

  3. ndilalah nasib guru apa lagi yang swasta. udah temenan leh ngajar, udah temenan leh ikut plpg, masih nunggu TPP cair. TPP udah 10 bulan gak cair(termasuk saya), apa yo perlu disengget/digayuh biar turun. pake kayu yg panjang sambil koprol and aq harus bilang WOW gitu………….(maaf pak curhat..sy guru mapel di sby. sudah ke LPMP dispendik provinsi…tapi jawabanya.tidak member kepastian…mungkin bapaak ada info atau saran bagi kami ini)

    Balas

    • Hehehe.. Surabaya curhatnya ke Gresik.
      Begini penjelasanya, utk guru non PNS pencairannya melalui DInas Pendidikan Provinsi
      tetapi dinas kabupaten/kota harusnya punya data status pencairan.

      apabila memang jawaban dari kota sby kurang memuaskan, njenengan bisa langsung menanyakan ke dinas provinsi jatim.
      utk TK jenjangnya PAUD
      SD dan SMP jenjangnya DIKDAS
      SMA/SMK jenjangnya DIKMEN.

      misalkan njenengan guru SMA, nanti di provinsi tanya ke bagian yg nangani TPP jenjang DIKMEN.

      demikian, semoga bermanfaat.

      Balas

      • ada ndak bapak pengaduan lewat online ? sebenarnya kami ini guru mapel penjaskes dan bahasa inggris di SD ygn lulus PLPG th 2011 saja yang belum pernah cair TPP nya (kr status SK TPP dlm proses sejak juni..masak smp sekarang belum selesai- padahal teman2 seangkatan PLPG dr gresik lancar TPP)
        karena jumlahnya hanya sedikt kami-kami ini takutnya terlupakan. Apalagi oktober ini ada pencairan TPP utk trw III..begitu bapak

      • mungkin bapak ada jalur pengaduan online ? kami ini guru mapel penjaskes dan bahasa inggris di SD lulus PLPG th 2011(permasalahanya di SK TPP yang masih dalam proses padahal sjk april;masak smp skr belum selesai dan teman2 kami seangkatan yang dr gresik dan sidoarjo TPP pada lancar) . yang kami kawatirkan karena hanya tinggal sebagian kecil saja yang tpp nya belum cair kami nanti akan terlupakan, padahal bulan oktorber kan ada pencairan twl III…begitu bapak mohon pencerahannya..

      • Kalo memang masalah SK TPP dari kemendikbud yg belum keluar.
        harusnya petugas dari Dinas kab/Kota yg mengusahakan ke Pusat/jakarta.
        tapi ditunggu aja soalnya kmrn tgl. 05 Okt 2012 kita ada rakor dg Kemendikbud dan diminta laporan siapa2 aja yg belum keluar SKTPP.
        kalo’pun akhir tahun sk nya baru keluar, nanti cairnya langsung 12 Bulan (Rapel setahun)

  4. pak anton…kenapa SKTPP kok bisa terbitnya tidak bersamaan di tiap-tiap daerah padahal …untuk mapel dan th PLPG yang sama ..apakah kendalanya di tingkat daerah atau kemendiknas nya yaa ? mohon info dan penjelasnaya ? trimakasih

    Balas

  5. Posted by Sri Yuliati Utami on November 27, 2012 at 6:27 pm

    pak kami GUru TK non pns Kab. Sampang sampai jam ini 01.30 28 Nop 2012 belum mersakan dana TPP tahun 2012 , kemana ya …. ? tolong pak kami sangat mengharap untuk mengembangkan diri

    Balas

    • Mohon maaf.. sebenarnya kami hanya membantu dan menangani Guru di Wilayah Kab. Gresik saja.
      tetapi krn data yg dikirim dari Dinas Propinsi Jatim seluruh kab./kota Jatim, kami bisa monitor seluruh data pencairan.

      setelah kami check data an. SRI YULIATI UTAMI TK PGRI 2 MASARAN
      ada 2 norek yg dipakai di pencairan tahap 1 dan 2, yaitu :
      1.) 7206.01.001203.50.9
      2.) 7206.01.000594.50.9

      kedua rekening diatas silahkan dicek ke Bank BRI terdekat apakah datanya benar atas nama Jenengan trus dananya apakaha sdh masuk juga..

      Smoga bermanfaat.
      trims

      Balas

  6. Posted by yenni kusumawati on Desember 7, 2012 at 1:11 pm

    pak kami Guru non PNS TK Nurul Huda Kec. kamal Kab. Bangkalan dari bulan januari s/d desember 2012 utk dana TPP blom cair kami udah konfirmasi ke dinas kabupaten dan dinas propinsi msh belum ada kabar beritanya kalau dana ini cairnya melalui BRI untuk no Rek kami tdk aktif lagi krn thn 2011 cairnya di mandiri perlu bpk ketahui temen2 kami sebagian jg blom menerima atas perhatiannya kami ucapkan trm kasih.

    Balas

  7. Posted by Dikin on Desember 8, 2012 at 2:17 am

    Pak Anton TPP yang untuk bank BNI sudah cair,kapan untuk Bank BRI cair ?

    Balas

  8. Posted by Dikin on Desember 10, 2012 at 4:03 am

    Pak Anton kami guru swasta, teman saya yang sama-sama swasta sudah cair lewat Bank BNI, kapan lewat Bank BRI ? ( Swasta )

    Balas

  9. mohon maaf sebelumnya p anton, setelah sy baca jwban untuk pertanyaan bu sri yuliati, muncul keinginan sy untuk menanyakan hal yang serupa..mengingant segala cara sudah kami tempuh hingga datang langsung ke kemendiknas di JKT 25 nov 2012 kemarin tapi itupun tidak membawa jwb yg memuaskan malah kayaknya saling menyalahkan antara daerah dng pusat, oleh karena itu mohon klo p anton berkenan tolong sebenarnya bagaimana nasib kejelasan TPP kami ini. semoga keiklasan dan bantuan dr P Anton mendapat balasan yang setimpal dr Alloh swt..

    Balas

  10. Posted by Lilik N.Wardani on Desember 19, 2012 at 12:39 am

    Pak anton., TPP mandiri saya masih cair triwulan 1 saja, kemarin pernah konfirmasi ke njenengan ternyata belom cair juga, mohon sarannya,…matursuwun pak

    Balas

  11. Posted by mas m on Desember 19, 2012 at 8:24 am

    Pak Anton saya mau tanya …………… Saya guru smp dikabupaten Gresik. Saya lulus sertifikasi tahun 2009 dengan jalur portopolio. Tahun 2010 saya menerima TPP hanya 10 bulan, kekurangan 2 bulan katanya diberikan di tahun 2011. Tapi kenyataannya sampai tahun 2012 menjelang tahun 2013, msh tetap nggak ada kabar tentang kekurangan 2 bulan (th 2010) tersebut. Kemana saya harus mencari…………………….. Tolong infonyanya. Trim’s

    Balas

    • Mohon info identitas yg jelas (minimal NUPTK) agar kami bisa cek data.

      setahu kami.. kekurangan 2 bulan di tahun 2010 sdh dicairkan di bank mandiri pd tahun 2011.

      Balas

  12. Posted by mas m on Desember 20, 2012 at 2:01 am

    Nama : Mas Mukhibah
    Unit Kerja SMP N 1 Panceng Gresik
    NUPTK : 1842 7416 4430 0042
    Trim’s Pak

    Balas

    • Nama : Mas Mukhibah
      Unit Kerja SMP N 1 Panceng Gresik
      NUPTK : 1842 7416 4430 0042

      kekurangan 2 bulan dithn 2010 sdh cair di akhir 2011 sebesar Rp. 4.132.700,- No. rekening : 140-0010304625

      Balas

  13. Posted by mas m on Desember 20, 2012 at 5:22 am

    Pak Anton No Rek Bank Mandiri saya tercatat 140-00-1054637-3. gmn pak koq gak sama dengan yg ditulis bapak……….. Apa saya harus ke Bank Mandiri sekarang? Trim’s

    Balas

  14. Posted by mas m on Desember 21, 2012 at 1:57 pm

    Terima Kasih Pak Anton

    Balas

  15. Posted by syabach on Desember 23, 2012 at 8:53 am

    Pak Anton yth. saya mau tanya. dari data penerimaan tpp khususnya non pns dikmen, sk saya sudah masuk ke dinas kabupaten, tetapi untuk no. rekeningnya bermasalah, setelah saya cek ke bank bni tidak ada (muncul number invalid), kemudian saya ke cs bni, di temukan no. rekening saya dari bni. Yang saya tanyakan apakah nantinya no. rekening yang di laprokan dari dinas kabupaten itu tidak pengaruh terhadap no. rekening yang saya dapat dari pihak bank bni itu sendiri. mohon infonya pak Anton. Mantur nuwon.

    Balas

  16. Posted by jupri on Desember 28, 2012 at 11:59 am

    mas kapan cairnya tpp tri wulan ke 4, bagaimana kekurangan tpp pada triwilan ke 3 kan sertifikasi tahun 2011 kurang 5 bln samapi dengan triwulan ke 4.

    Balas

  17. Posted by Charlie Boyans on Januari 11, 2013 at 3:28 pm

    kapan sisa TPP yang tinggal 2 bulan tuk kab. Gresik Mas?

    Balas

  18. Pak istri saya sertifikasi tahun 2011,mau tanya tentang tpp tri wulan 4 tahun 2012
    kok masih kurang 2 bulan,kapan cairnya ? trus apa alasanya kok belum dicairkan?
    padahal sekarang sudah tahun 2013. mohon dibalas,trims

    Balas

  19. Posted by syahidin on Januari 13, 2013 at 5:10 am

    assalamu’alaikum mas aanton,,untuk yang lulus sertifikasi 2012 kan belum punya no + kartu NRG itu gmn solusinya?terimakasih
    Reply

    Balas

  20. Posted by efendi on Januari 14, 2013 at 5:55 am

    Ass. wr. wb.
    pak untuk pemberkasan tpp 2013, jika disekolah induk jam tatap muka masih kurang, kemudian ditambah dengan jam dari sekolah lain apakah harus menyertakan surat pernyataan melaksanakan tugas(SPMT) dari masing2 sekolah

    Balas

  21. Posted by Charlie Boyan on Februari 12, 2013 at 3:11 pm

    Mas,, dengar gak jennengan bahwa di Bawean itu ada dana daerah khusus yg jumlahnya puluhan juta perguru di dinas pendidikan. tapi ironisnya gak semua guru yg ada di Bawean dapat, sehingga sampai sekarang terjadi kecemburuan di antara kami. tolong kejelasannya Mas yg lebih rinci.

    Balas

  22. Posted by syarf on Februari 16, 2013 at 3:58 pm

    Ass. Wr.Wb. Mas nama saya dan teman2 dari SMAN 1 manyar di data dapodik 15-02-13 kok tidak ada ( baik di up dade, memenuhi maupun tdk memenuhi) gimana mas. terima kasih

    Balas

  23. mas mau tany nama sy dan tmn-tmn msk tdk mmnhi syrt di dt dapodik 15-02-13,krg apanya.sd krikilan 1

    Balas

  24. Posted by Toto Pribadi on Februari 20, 2013 at 3:59 am

    Ass. Pak Antin saya memiliki Kartu NRG yang memiliki nomor peserta sertifikasi nggak sama ada selisih dengan nomor yang ada di sertifikat pendidik.
    Pertanyaan, Yang benar Menggunakan Kartu yang ada di NRG apa yang di sertifikat
    Trimsss

    Balas

  25. Posted by Toto Pribadi on Februari 20, 2013 at 4:07 am

    Ass,.. Maaf,.. Pak Anton,.. data dapodik teman teman SMP SG melalui petugas operator sudah diteliti satu persatu benar, tapi kenapa masih bermasalah apa yang menjadi masalah ??? dan masalahnya apa ??? mohon penjelasan pak,.
    Makasih

    Balas

  26. Posted by cris on Februari 20, 2013 at 9:08 am

    Pak semua guru dr 2500 di kab. gresik knp tidak memenuhi syarat, apanya yg salah??

    Balas

  27. Posted by parlin on Februari 22, 2013 at 2:41 am

    mas arief, kok tpp 2 bulan tahun lalu belum cair juga, kapan nich keluarnya padahal ini udah bulan pebruari, di jagakno lho mas……..

    Balas

  28. Posted by Tri Endah Efrijanti, S. Pd. on Februari 23, 2013 at 1:41 pm

    Mas Arief… untuk inpasing bagi kami guru swasta gimana ya… Soalnya saya dan teman-teman sudah pernah pemberkasan inpassing sampai 2 kali tapi kok gak ada khabar beritanya…. Apakah betul kami harus mengurus sendiri ke Jakarta….

    Balas

  29. Posted by Siti mariyatun on Februari 26, 2013 at 1:53 pm

    Pak mau tanya tpp yg tahun 2012 kok baru cair 10 bulan pdhal skrg dah th 2013,trus apa jg msh ada harapan cair kira2 kapan?

    Balas

  30. Posted by Dra Erma suryani on Februari 26, 2013 at 2:04 pm

    mengapa data saya di dapodik salah? padahal kami kirimnya sudah betul

    Balas

  31. ass…pak saya yg ber nuptk 7435 7626 6320 0002, pd desember kmrn mutasi ke sekolh baru, sesui dg sk pn nya. lah data saya kan tercantum d skolh lama. tak lht kmrn ada yang invalid mngenai kode mapel penjas. yg saya tanyakan apkh sy mendftrkn lg d skolhn yg baru? trmksh

    Balas

  32. Posted by tajularifin on Maret 7, 2013 at 12:24 am

    Data dapodik sdn 1 krikilan telah di up date dan di upload kembali, namun masih ada 2 guru yang belum bisa dilihat. Permasalahannya apa ya mas?

    Balas

  33. Posted by Siti mariyatun on Maret 13, 2013 at 2:21 pm

    Gimana kekurangan tpp th 2012 ? 2 bulan apakah d bayarkan d th 2013 beda anggaran dong?

    Balas

  34. assl. pak, saya lulus sertifikasi tahun 2012, alhamdulillah dapodik per 18 maret uda masuk data “Sudah SK”. tapi nomer rekening bank kok ngak sesuai dg data bank yang saya punya/kirim pada saat pemberkasan. gimana pak? apa nomer rekeneningnya diuruskan dinas atau bagaimana ?

    Balas

  35. Posted by prima on April 8, 2013 at 4:30 am

    berarti kita menuunggu atau bagaimana pak langkah selanjutnya kalo no rek akan diterbittkan dari puusat. terima kasih

    Balas

  36. Posted by maryam on April 8, 2013 at 3:08 pm

    assalamualaikum.. pak apa yaa link yang bisa lihat nama TPP sapa saja yg sudah lolos ?? terima kasih untuk periode 2013

    Balas

  37. Posted by ain on April 13, 2013 at 12:47 am

    pak mau tanya kapan pencairan TPP untuk Kab. Gresik????

    Balas

  38. assalamualaikum, pak , data guru yang belum update. sudaah saya peerbaharui dan sudah saya kirim, dimana cara bisa lihat ? biar ga penasaran terus

    Balas

  39. Posted by saya on April 15, 2013 at 2:14 am

    Assalamualaikum pak, mau tanyak masalah tunjangan,apa ada perbedaan antara dana terpencil dan khusus?saya termasuk kategori dana terpencil karena belum dapat sertifikasi, kapan kira2 cair sebab yang tunjangan khusus kan sudah cair

    Balas

  40. Hehehehe.. pd ribut TPP ne..
    pak Anton yg baik hati.. data NISN Siswa baru pa sdh bs dketahui hasilnya????..
    Makasih..

    Balas

  41. Posted by nanik agoestina on April 19, 2013 at 12:39 am

    TPP tuk th 2013 jenjang SMA,,,apakah da cair ?
    Balas

    Balas

  42. ass….pak NRG saya status valid tapi nomernya dak muncul….
    padhl kmrin sudh tak benarkn ke jenengan. nrg saya 091 385 487 001 nuptk 7435762663200002

    Balas

  43. Pak Anton yang baik hati. Ngapunten kulo nyuwun tanya. Apakah sk tfg thn 2013 non pns tingkat sd sudah keluar Pak? Kalau Sdh mohon di upload ke blog ini bpk. Karena kita semua bingung, karena ada sk tfg yg keluar di blog pejalan-sunyi. Blogspot.com. Apakah sk tersebut benar dan akurat pak. Mohon info dan penjelasan saking panjenengan. Terima kasih dan selamat bertugas

    Balas

  44. Posted by Gembong Jaswito on April 27, 2013 at 4:31 am

    Untuk TPP guru yang kategori MASIH EDIT DATA apa makdudnya ? Saya sebagai operator sekolah apa yang harus saya perbaiki Pak ? terima kasih

    Balas

  45. Posted by pak Karimin on April 30, 2013 at 3:24 am

    pak, di surabaya guru PNS yang SK sudah cair ( Jawa pos 30 April 2013), gresik kapan?

    Balas

  46. Posted by nisa on April 30, 2013 at 3:40 am

    kapan tpp kab. gresik trwulan I thn 2013 dicairkan?
    soalnya surbaya akan cair awal mei ini

    Balas

  47. Posted by agus on Mei 6, 2013 at 8:12 am

    ass…p anton, bgmn dg NRG saya sudah valid ta? nuptk 7435762663200002. trimksh

    Balas

  48. Pak arief sy tanya untuk tpp th ini Alhamdulillah sdh cair tapi nilai nominalx tidak sesuai dengan sk impasing,kembali seperti sebelum sk
    Mohon penjelasanx

    Balas

    • utk Jenjang DIKDAS (SD dan SMP) semua berdasarkan Data Dapodik, apabila sdh inpassing tp dana yg masuk tdk sesuai
      itu karana di Dapodiknya tdk diisi Gol. dan Masa Kerja.
      silahkan segera diperbaiki datanya.

      Balas

  49. makacih P ats infox pihak IT skl akan memperbaiki dtx

    Balas

  50. Posted by basuki rachmad, smk sunan giri menganti on Mei 22, 2013 at 3:28 am

    pak, teman2 saya sdh cair tppnya koq saya belum? kemana mengurusnya n kapan?

    Balas

  51. Posted by basuki on Mei 29, 2013 at 12:15 am

    pak, di sktp tahap 2 nama saya koq masih belum muncul apa ada yg keliru? apa ada tahap 3, kl tdk keluar kelanjutannya bgmn?

    Balas

  52. Posted by ulfa on Mei 29, 2013 at 11:44 am

    saya sertifikasi th 2007 dari guru non pns, menerima tpp inpasing hanya 1 th kemarin,th ini tidak keluar lagi. padahal teman yang lain dari awal inpasing kluar. apa yang harus saya lakukan ?

    Balas

  53. Posted by Guru Tk Surabaya on Juni 3, 2013 at 2:40 am

    Saya sangat menghargai kabupaten Gresik yg bisa memberikan pelayanan bagi “Pahlawan tanpa tanda jasa”. Semoga kota lain terutama Surabaya sebagai Kota Terbesar di Jatim, tidak sungkan untuk mengikuti jejak Bapak. AMIEN

    Balas

  54. Posted by ulfatul chasanah on Juni 8, 2013 at 9:41 am

    pada data dapodik dan SK Inpasing ( tmt mengajar) saya kok tidak sama dengan yang saya miliki,apakah masih bisa dibetulkan dan apa tidak berpengaruh dengan SK inpasing yang sudah saya terima

    Balas

  55. Posted by ulfatul chasanah on Juni 11, 2013 at 7:00 am

    Maaf pak, di SKTP saya TMT mengajar tahun 1967 tapi SK mengajar saya tahun 1969.apa yang harus saya lakukan.trimakasih

    Balas

  56. Posted by ulfatul chasanah on Juni 26, 2013 at 11:40 am

    pemutahiran NUPTK , salah satu Syaratnya 1 copy SK Kepegawaian. yang dimaksud itu SK Pertama apa SK Terakhir, saya dari SD Swasta.trims

    Balas

  57. Posted by rahma on Juli 5, 2013 at 5:42 pm

    Pak Anton bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan dana TPP dan TFG lagi yang sebelumnya sudah pernah saya dapatkan, karena pingah tempat kerja saya tidak mendapatkan dana itu lagi atau dikarenakan apa ya… pak???? Matur Suwun

    Balas

  58. Posted by muhasanah on Oktober 2, 2013 at 5:00 am

    Alhamdulillah saya guru SD swasta dan lulus sertifikasi th 2007 , saya sdh menerima tunjangannya. Namun sayangnya disetiap tahunnya TPP yang saya terima sampai 2012 kemarin selalu tidak genap 1 tahun. Jadi hanya 9 sampai 10 bln saja TPP itu saya terima. Mohon penjelasan dan saya harus bagaimana ?

    Balas

  59. Posted by Yuniar on Oktober 18, 2013 at 4:14 am

    Assalamu’alaikum…pak Anton,kalau mau tanya mengenai tpp yg tahap 2 dan 3 belum itu ke dinas bagian apa ya?kok saya pernah tanya ke dikmen jawabnya gak tau karena dana dari pusat.perlu tau,saya guru non PN pak.mtr nwn

    Balas

  60. Posted by heri kristanto on Oktober 19, 2013 at 2:50 am

    pak anton TPP triwulan III non pns kok blm keluar padahal yg PNS sdh keluar ??? mhn infonya ..matur suwun

    Balas

  61. Posted by Vivien on Oktober 19, 2013 at 12:59 pm

    Pak anton mau tanya,di SKTP saya guru non PN sudah ada tulisannya terbayar triwulan 3 senilai sekian.tapi setelah di cek di ATM kok dana belum masuk ya.mohon pencerahannya.matur nuwun

    Balas

  62. Posted by Adi Lilik Pranoto on Oktober 23, 2013 at 3:43 am

    Numpang tanya Pak Anton,.. TPG triwulan 3 untuk Bank Mandiri kapan ya cairnya,,? sementara bank yang lain Seperti BRI dan BNI sudah cair…Trimakasi !!!

    Balas

  63. Posted by rara on Oktober 23, 2013 at 9:22 am

    mau tanya tpp thap 3 guru pns kapan pencairanya menggingat ini sdh mnggu ke 4 okt 2013

    Balas

  64. Pak di SKTP sudah terbayar 9 bulan tapi di cek ke bank belum masuk.Mohon penjelasannya

    Balas

  65. Posted by Inmes on Oktober 27, 2013 at 3:04 am

    pak curhat………….tpp tahap 2 dan tpp tahap 3 belum cair bagaimana ini kejelasannya

    Balas

  66. Posted by ulfa on November 28, 2013 at 1:37 am

    Assalamu’alaikum…..pak anton yg terhormat, TPP yang tahun 2011 belum cair lho, tolong tetep di usahakan geh??

    Balas

  67. mau tanya pak,apa tpp tahap 4 sdh cair?saya denger dikabupaten sidoarjo guru2 ya bil ada yg cair 3bln ada yg cair 4 bln?mohon infonya.untuk guru pns.mksh

    Balas

  68. Posted by Emy Soeswati on Desember 1, 2013 at 9:04 pm

    assalamu’alaikum wr.wb
    pak saya mau tanya kenapa TPP saya belum cair sama sekali. padahal sktpp saya sudah terbit no. sktpp 0279.05/C5.6/TP/P/2013 saya sudah tanya ke bank ternyata no rek di sktpp itu tidak sama dengan nama saya (atas nama orang lain) saya disuruh ke dinas kota saya sudah ke dinas kota ternyata tidak ada solusi buat saya. saya sudah ke sana bolal balik bank dan dinas kota tetap tidak ada solusi. apakah uang tpp saya bisa masuk ke rek orang tersebut.
    Nama saya : Emy Soeswati
    NUPTK : 9255750653300003
    NRG : 110271759064 mohon solusinya

    Balas

    • harusnya Dinas Kota punya solusi ato melaporkan ke Kemendikbud permasalahan tsb.
      silahkan coba lagi minta tolong petugas di Dinas Kota agar dapat melaporkan ke Pusat.

      Balas

  69. Posted by ulfatul chasanah on Januari 10, 2014 at 3:40 am

    BAGAIMANA CARA MENGETAHUI NOMINAL GAJI POKOK PENERIMA TUNJANGAN PROFESI

    Balas

  70. Posted by ulfatul chasanah on Januari 10, 2014 at 6:55 am

    bagaimana cara mengetahui nillai nominal gaji pokok penerima TP

    Balas

  71. Posted by rini on Januari 15, 2014 at 5:21 pm

    asslamualaikum. p.saya guru non PNS,tpp saya triwulan 1 dan 2 sudah cair tapi untuk triwulan 3 dan 4 th 2014 kok blm cair?mohon infonya kapan kira2 cair???

    Balas

  72. Posted by rini on Januari 15, 2014 at 5:34 pm

    tpp saya th 2013 untuk triwulan 3 dan 4 blm cair kir kapan cair p???sy guru non pns di gresik

    Balas

  73. Posted by ulfatul chasanah on Januari 21, 2014 at 3:25 pm

    saya guru non PNS, bagaimana cara mengetahui nillai nominal gaji pokok penerima TP

    Balas

  74. Pak Anton,
    Kapan laporan rekap Dapodik tahun 2014 ttg data nama2 PTK yg masuk masih edit data, belum sk, siap sk atopun sudah sk dipublish? Sy dengar daerah lain sdh mempublish?

    Thnks b4..

    Balas

  75. Posted by Muzan Nafa on April 12, 2014 at 2:43 am

    Tpp guru tk kok blom cair2 ya pak,,,kira2 kpn cair y pak?

    Balas

  76. Posted by vivin on April 19, 2014 at 12:00 pm

    kapan sisanya tpp non pns tk 2013 dicairkan ya pak

    Balas

  77. asslmkm…pak mhon maaf…minta info data saya nuptk 7435762663200002 kok masih edit….kata operator sudah diedit dan dkirim….apa ada hal lain yang belum valid…mhon info ktdakvalidy dmn…trimkasih

    Balas

    • klo statusbmsh edit, di kolom catatan pasti ada keterangan kesalahanya dimana.
      silahkan diperbaiki dan di syncrn k pusat.
      selanjutnya dtunggu 4_5 hari akan muncul hasil perbaikan datanya

      Balas

  78. Mas, maaf ya mau tanya, kapan tpp tw 1 cair?

    Balas

  79. Posted by Aji SBK on April 28, 2014 at 1:59 am

    Pak….Data Dapodik SD saya masih belum Valid,trs Jadwal Syncron hari Selasa besok, apakah data syncron masih bisa diterima untuk prsyratan TPP ? kapan terakhir syncron-nya ? ada yang bilang kalau terakhir 30 April.
    Mohon penjelasannya .

    Balas

  80. Posted by Jonni Ashoi on Mei 5, 2014 at 9:56 pm

    Pak…Saya sudah syncron Dapodik tanggal 29 April Kemarin, Tapi knapa hasil data di “Lapor Tunjangan Dikdas” kok masih blm Berubah ??? setiap saya cek,,yg muncul msh data sync per tanggal 22 April. .
    ..bgaimna ini Pak…? soalnya Guru-guru di SD sya sdh mulai Galau,Joni takut SK TPP nya Gk muncul… :)

    Balas

  81. Posted by Aji SBK on Mei 6, 2014 at 12:34 am

    saya sudah Syncron pada tanggal 29 April 2014Pak,,,
    tapi kenapa sampai sekarang data yang di “Lapor Tunjangan Dikdas” masih belum berubah ??? data yang ditampilkan msh tnggl 22 April 2014.
    Mohon Solusinya Pak ???

    Balas

  82. Posted by ekas on Mei 6, 2014 at 3:52 am

    pak, TPP saya skg belum cair, kenapa yaa… apa karena cuti melahirkan,saya cuti bulan januari – maret 2014….tapi dapodik saya juga masih ada masalah belum beres salah di NIP…

    Balas

  83. Posted by Saya ainudin non pns nomr nuptk 6563754656200113 belum terima tunjangn profesi tahun 2013, bantu kami pmerintah on Mei 6, 2014 at 11:12 am

    tolong cairkan tpp non pns wilayah ntb th 2013

    Balas

  84. Posted by imroatul mufidah on Mei 8, 2014 at 3:22 am

    Pak sya guru tk d kecamatan bungah….kq tpp y blum cair…tpi d kecamatan cerme kq udah cair…mohon penjelasan ya??
    Tanks

    Balas

  85. Posted by Abdi Negara on Mei 14, 2014 at 4:00 am

    Ada kebijakan pungutan dari kepala sekolah kepada penerima tunjangan khusus, diantara alasannya adalah untuk diberikan kepada Kepala Kepegawaian dan Operator Tunjangan Dinas Pendidikan Kab. Gresik, apakah memang ada instruksi seperti itu atau hanya akal-akalan kasek untuk cari muka sehingga mengambil hak bawahannya secara seporadis????

    Balas

  86. di Kabupaten Nganjuk TPP banyak yg blm turun/cair unt th 2013, bgmn solosinya, mohon unt jawaban

    Balas

  87. Posted by nursilaningsih on Mei 21, 2014 at 9:07 am

    Mohon penjelasan Pak, saya Nursilaningsih dari SDN Pongangan sampai sekarang kok masih edit data saja pada hal sudah diperbaiki datanya . Apabila sampai 31 Mei msh tetap di edit data apakah nanti sertivikasi saya hangus?mohon solusinya<mks!

    Balas

  88. Posted by muthiah on Mei 31, 2014 at 2:10 am

    gresik TPP SMA kok blum cair mas

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 62 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: