Pencairan TPP Triwulan II di Tunda / di Undur

Sehubungan dengan adanya surat dari Kemendikbud Nomor : 741/B5.1/LL/2013 ; 6206/C5.1/LL/2013 dan 4298/D5.1/LL/2013

Perihal : Tindaklanjut atas usulan Revisi PMK (Peraturan Menteri Keuangan)  Nomor 41/PMK.07/2013.

Bahwa pada point 3 dijelaskan untuk pencairan TPP Triwulan II mengalami PENUNDAAN.

informasi yang kami terima diusahakan oleh Kementrian Keuangan Dana turun sebelum Triwulan III.

Berikut kami upload Surat Resminya.

Revisi PMK 41

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Demikian Mohon kesabarannya.

Trims

About these ads

194 responses to this post.

  1. Posted by Na'am on Juni 27, 2013 at 1:41 pm

    Aduuuh semakin panjang penderitaanku reek, mana bbm barusan naik dan segalanya ikut naik lagi, nasiiib nasib !!

    Balas

  2. ditunda sampai kapan mas..?

    Balas

  3. Posted by Eko S on Juni 28, 2013 at 11:05 pm

    Mas gimana yg triwulan 1 belum cair ………..apa bisa di cairkan dulu ………aku termasuk SK TPP tahap 2 yg belum cair…..?

    Balas

  4. Terima kasih infonya pak anton.
    Untuk pencairan TFG bulan ini nominalnya ko’ tidak sesuai ya pak? cair cuma 1 jt, seharusnya 1,8 jt. terima kasih!

    Balas

  5. Posted by karind on Juli 1, 2013 at 3:40 am

    Waaah….gak bisa buat daftarkan anak sekolah nih. sampai kapan ya kira2. Mohon maaf & terimakasih. selamat bertugas. TQ

    Balas

  6. Posted by hariyono on Juli 1, 2013 at 8:41 am

    wong tpp tahap 2 triwulan I 2013 kab. gresik aja belum cair kok, trus dikemanakan duitnya, apa ditaruh dibank dulu biar dapat bungah bank.

    Balas

    • Dana TPP ada di Kas Daerah dan tidak berbunga..
      tdk bisa dipindah rekening tanpa ada usulan pencairan dari Dispendik ke rekening guru penerima TPP.
      jadi semua tdk bisa memanfaatkan dana TPP kecuali para guru penerima TPP.

      Dikarenakan SKTP tahap 2 terbit setelah pencairan TW-1, maka pencairannya akan diikutkan pada TW-2 (Rapel 6 bulan).

      Balas

  7. Posted by acradiaacradia on Juli 5, 2013 at 9:53 am

    saya guru penerima tpp sejak tahun 2011. pada mei 2012 saya mutasi ke kabupaten lain. saat awal tahun 2013 saya mengirim data ssertifikasi ke p2tkdikdas. tapi sk tpp saya tetap terbit di kab. yang lama dengan data sekolah yang baru. kab. lama tidak mau mencairkan dengan alasan menurut operator sertifikasi dinas itu akan ada revisi sk tpp untuk guru yang mutasi. apa benar? dimanakah saya bisa bertanya lewat email ke kemdikbud atau bagian tunjangan profesi guru di kemdikbud?

    Balas

  8. Posted by budi on Juli 5, 2013 at 11:06 pm

    mas anton tolong cari info lagi kab/kota lain kok sudah cair. info dari pusat PTK Dikdas juga sudah cair…itu surat pemberitahuan pean dapat dari mana ???

    Balas

  9. Posted by Pakno Aja on Juli 6, 2013 at 6:06 am

    Yang 2013 suruh sabar, yang 2 bulan, masing-masing 1 bulan tahun 2011 dan 1 bulan tahun 2012 gimana tuh kejelasannya.

    Balas

    • kekurangan TPP (Carry Over) tahun 2012, menurut aturan yg ada cairnya menunggu 3 thn berjalan
      jadi dipastikan thn 2014 baru bisa cair.

      Balas

  10. maaf sebelumnya pak peraturan ini berlaku utk semua daerah ya ..soalnya akhir juni tadi sebagian besar dikota palembang sudah cair 6 bulan langsung mohon infonya

    Balas

  11. Posted by RETNO on Juli 6, 2013 at 1:55 pm

    Mungkin ada yang ‘lupa’, untuk menghargai guru: dibuatkanlah hymne guru (doang), kemudian mulailah dipikirkan untuk mendapatkan tunjangan fungsional (yg kadang membuat malu, jika ada berita kenaikkan tunjangan naik untuk guru paling besar 50% dari 10rb guru sd, 15 rb guru smp,20 rb guru sma. PNS lain tunjangan strukrural sdh 250 rb), lalu dipikirkan kenaikkan pangkat otomatis (ternyata dengan pangkat dan golongan yang sama sbg pns guru hnya punya pendapatan gaji saja tidak lebih)sedikit ada angin segar meski tunjangan tetap rendah. Tuntutan jaman semakin menekan dan menyorot guru , dari bawah oleh murid dg orang tuanya, dari atas oleh mulai dari menteri sampai dengan kepala sekolah mengharuskan guru meningkatkan keprofesionalannya. Muncullah penilaianterhadap pendidik negeri ini bukan dari anak bangsa yang bermutu, karena yang bermutu tidak mau jadi guru. Sehingga ada pameo: kalau ingin kaya jangan jadi guru, kalau sudah jadi guru jangan bermimpi jadi kaya.Hm…. Lalu bagaimana solusinya agar anak bangsa yang bermutu mau jadi guru? Pendapatan guru harus layak. Maka sekarang kami guru menerima’ layak’, untuk pns dengan ijasah pangkat dan golongan yang sama. Bagi kami naik satu kali gaji pokok harus kami balas dengan bekerja keras 24 jam sebagai pns. BEKERJA dengan istirahat 15 menit hnya untuk sekedar meneguk air dan kembali bekerja, karena yang kami hadapi akan tidak terima, berteriak atau gaduh bila ditinggal, karena bukan pulpen, mesin ketik atau komputer yang bila ditinggal berkali-kali akan diam saja dan tidak berteriak atau gaduh Memang melelahkan, tapi yang yang SANGAT MENYAKITKAN setelah semua daya upaya tenaga dan pikiran kita gunakan hanya DIBAYAR DENGAN tpp sudah turun tapi sk pencairan belum ada atau dana dari jakarta tidak mencukupi dan kami menunggu selalu menunggu hal yang tidak pasti. DULU : jangan tanyakan hak kamu sebelum jalankan kewajiban kamu. SEKARANG : jangan kami dilarang untuk mengatakan :KAMI GURU TELAH JALANKAN KEWAJIBAN KAMI, LALU BAGAIMANA HAK KAMI? DAN SEKARANG AMAT SANGAT MENYAKITKAN, SETELAH DIKACAUKAN PEMETAAN, MONEV, UKG, DAPODIK, TERNYATA HANYA UNTUK TIDAK DIBAYAR ( DITUNDA?). SUNGGUH AMAT SANGAT MEMALUKAN,MENYAKITKAN dan MENGHANTAM HARGA DIRI.

    Balas

  12. Posted by retno tri panglipur on Juli 6, 2013 at 10:20 pm

    Maaf, pak Anton. Saya ingin menanyakan apakah tpp 2011 (november, desember) dan tpp 2012( november, desember) telah ditransfer ke daerah kabupaten Bojonegoro? JIka sudah, karena di dalam rekening belum ada yang cair kemana kami harus menanyakannya ? Kedinas pendidikan kabupaten , ke kas daerah atau ke bu pati? Terima kasih.

    Balas

    • kekurangan TPP (Carry Over) tahun 2012, menurut aturan yg ada cairnya menunggu 3 thn berjalan
      jadi dipastikan thn 2014 baru bisa cair.

      Balas

  13. Posted by eko yulianto on Juli 9, 2013 at 2:00 am

    kalau bisa langsung ditransfer ke rekening guru,biar gak ribet seperti sekarang .

    Balas

  14. Posted by Nasrullah on Juli 9, 2013 at 3:47 am

    Kalau saya kaji, pemerintah nyatanya blom siap membuat perencanaan, semua perencanaan hanya bagai uji nyali, jgn memaksakan entar kebingungan dan jadilah negeri antabaranta, kasihan.

    Balas

  15. supaya teman-teman guru mengetahui lebih jelas tentang penundaan pencairan tpp triwulan 2…. tolong mas revisi PMK no 41/PMK.07/2013 ditampilkan di blog ini. tks.

    Balas

    • utk surat pemberitahuan dari Kemendikbud khan sdh jelas bahwa PMK no 41/PMK.07/2013 ada perubahan/revisi.
      utk hasil revisinya sampe saat ini blm kami terima, krn memang masih diproses Menteri Keuangan.

      Balas

  16. Posted by anis_bro... on Juli 11, 2013 at 4:07 am

    Marhabban ya romadhon….Met Puasa Romdhn ……tuk yg menjalankannya…..Mdh2an qt trmsk gol org2 yg sabar…… dan bertaqwa…..n….mg@2 pncairan TPP Triwln II sgr cair…………….amin….TQ…..
    Bravo M@s anton……yg sll st12…..dg guru2…

    Balas

  17. Posted by Husni on Juli 13, 2013 at 5:19 am

    mas anton,tmn2 yg ikut SKTP tahap 2 bulan ini TPPnya udah cair lagi…. bagi tmn2 yang tidak ikut SKTP tahap 2 kapan cairnya mas?
    trimakasih responnya..

    Balas

    • Bagi Guru yg pencairan melalui Dana Pusat sepertinya sdh cair krn tdk ada revisi dana dari Kementrian Keuangan.
      tp yg melalui dana Trnasfer daerah sampe saat ini belum ada Dana turun dari Kementrian Keuangan.

      Balas

  18. TPP 2013 masih banyak yang belum cair tiwulan 1 ,,malah ada penundaan pencairan triswulan 2 ,,jadinya ya sabarlah semoga yang belum cair triwulan 1 disertakan ditriwulan 2 sehingga bisa cair 6 bulan sekaligus ,insyaallah ,,amin

    Balas

  19. Posted by supratikno. on Juli 14, 2013 at 7:12 am

    kira 2 kapan untuk tri wulan ke 2 ini ….mksih….

    Balas

  20. Posted by budi on Juli 15, 2013 at 10:32 pm

    di atas pean sebutkan bagi yg dananya dr pusat langsung sudah cair dan bg yg melalui dana transfer daerah menunggu revisi menkeu. untuk gresik itu dana melalui yg mana pusat atau daerah..? mestinya kan jd satu karena semua berpangkal pada sumber yg sama yaitu menkeu.

    Balas

    • memang semua dana bersumber dari Kemenkeu, tp utk penyaluranya melalui 2 jalur (langsung Pusat dan Tansfer Daerah).
      utk membedakannya bisa dilihat pada kode (P / T) SKTP yg ada.
      Berikut contohnya :
      0005.05/C5.6/TP/P/2013 —> Proses Pencairannya dari Kemendikbud (Pusat)
      0007.0501/C5.6/TP/T/2013 —> Proses Pencairannya melalui Dana Transfer Daerah

      Balas

  21. Posted by Alif Masrifah on Juli 17, 2013 at 12:04 am

    Terima kasih infonya pak Anton, tp setahu saya, selama saya dpt tunjangan apapun, Kab. Gresik selalu paling akhir, jdi ga kaget klo ad pemberitaan seperti ini, , bsa di blg guru di Gresik sabar2, heeheee, yg sabar ya Bapak n Ibu guru, badai pasti berlalu, moga lebaran dah cair, klo ga, ga jdi ke Bali nie,

    Balas

  22. Posted by S on Juli 17, 2013 at 4:46 am

    Pak Anton yang baik hati saya guru SD swasta untuk pencairan dana TPP tahap 2 belum cair, data yang ada di dapodik sudah dibetulkan, namun smpai saat ini data dapodik juga belum berubah/valid.gimana solusinya, mohon bantuan P. Anton. Terima kasih sbelumnya.

    Balas

  23. Posted by retno on Juli 17, 2013 at 7:05 am

    Maaf pak, berhubung TPP TW2 tertunda, maka kami berharap TPP 2011 (nov, Des ) dpt cair ( krn nov,des 2010 telah dapat dicairkan).Mnrt info penjenengan (carry over) 2012 nanti dipastikan 2014 cair ( artinya juga TPP 2011 dicairkan pd 2013).Info dari kasda kab bojonegoro: 1). Sampai skrng blm ada ketentuan / aturan yg mendasari pencairan tsb.2).Jika ada aturan dari pusat, tentunya disertai dengan transfer dana dari pusat ke daerah. Pertanyaan:1) Sebenarnya dana TPP(nov,des) 2011, 2012 itu sekarang ada di mana? menkeu,mendikbud atau kabupaten? 2).Mengapa dpt terjadi, kekurangan yang tidak sama ( baca, komentar sebelumnya)?3). JIka memang belum pasti mengapa penjenengan bisa memastikan contoh kekurangan TPP 2012 dipastikan cair 2014?

    Balas

    • memang tidak bisa disamakan antara daerah satu dg daerah yg lain krn dana yg ditransfer dari Kemenkeu nominalnya berbeda-beda.
      menurut Juknis yg ada (baca : Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) Tahun 2013)
      apabila ada kekurangan dana/bayar (carry over) tahun 2013, maka Kepala DInas Pendidikan Kab/Kota wajib melaporkan data kekurangan tsb ke Kemendikbud, sebagai acuan utk pengusulan perencanaan anggaran tahun berikutnya.
      jadi asumsi kami kekurangan bayar 2012 dipastikan cair 2014 krn jika usulan thn 2013 gagal akan diusulkan lagi thn 2014.
      mengenai dana TPP ada dimana ??
      jawabnya : semua dana ada di Kemenkeu.
      Kabupaten/kota hanya bisa merealisasikan pembayaran apabila dana sdh turun dari Kemenkeu.

      Balas

  24. Bapak dan Ibu, mudah2an di bulan yang penuh berkah ini kita diberi kesabaran yang berlimpah ya, sehingga kalau kita bisa menjaga hati kita ini nantinya akan dapat rezeki yang berlimpah juga ya, mudah2an kita punya keikhlasan dalam menjalankan tugas apapun, jadi berapapun dapatnya bukan menjadi ukuran ,amin.

    Balas

  25. Posted by batara guru on Juli 19, 2013 at 8:52 am

    guru bak pelita penerang alam gulita jasamu tiada tara

    Balas

  26. Terlau banyak sistim,sehingga ribet,mudah mudahan dengan kritik ini pada bulan suci Ramadhan,yang membuat kebijakan tidak ditumpangi sifat politik/akal akalan

    Balas

  27. Posted by rosa on Juli 19, 2013 at 10:44 pm

    Aslmk Pak Anton, mau tanya kalo yg pada twl 1 ndak dpt tfg krn dapodiknya blm final apakah masih ada kesempatan di trw berikutnya trmks

    Balas

  28. Posted by uut on Juli 19, 2013 at 10:48 pm

    Pagi Mas Anton, yang akan sy tanyakan kapan ya gaji guru bantu dikdas (slb dan smp) cair karena gaji gr bantu tk dan dikmen sudah cair, terimakasih banyak

    Balas

  29. Info dr daerah lain (Bengkulu) kekurangan bayar tpp 3 tahun terakhir (2010, 2011,2012) sudah siap dibayarkan. Untuk Gresik gimana mas….

    Balas

    • masih nunggu SK CARRY OVER

      Balas

    • Hasil revisi pmk no 41/pmk.07/2013 adalah pmk no 101/pmk.07/2013. Tolong mas … dijelaskan mengenai pasal 4 ayat 2 yang b dan c….. pasal 8 ayat 3 yang b, c, dan f…. mungkin dengan penjelasan panjenengan teman-teman guru di gresik akan lebih jelas mengenai tpp tahun 2013 . Setelah membaca pasal 11A ……. sy berkesimpulan TPP TW 2 cair paling lambat JULI 2013 sesuai dengan bunyi pasal 4 ay 2 . Terimakasih.

      Balas

  30. Posted by rosa on Juli 19, 2013 at 11:01 pm

    Aslmk maaf pak kalo trw I tfg ndak dpt krn dapodik blm clear apakah bisa diusulkan utk trwl II krn dapodik dah clear trmkasih pak anton

    Balas

  31. Posted by alief subagio on Juli 20, 2013 at 11:33 am

    pak teman-teman yang belum keluar SKTP baik tahap 1 dan tahap 2, apakah nanti ada tahap 3. atau sudah tidak ada ? yang berarti tidak akan cair uang tppnya dan kalau boleh tahu ada berapa orang yang belum keluar SKTP unt non pns kab. Gresik. Trims Pak

    Balas

  32. Posted by ahmad on Juli 21, 2013 at 4:20 am

    PMK NO 41/PMK.07/2013 telah dirubah/direvisi dengan PMK NO.101/PMK.07/2013 tgl 8 Juli 2013 di Undangkan di KEMENKUMHAM, Jadi Juli ini paling lambat harus mulai dimasukan ke rekening guru, dan transfer dari Kemenkeu sudah di laksanakan ke daerah masing2.trims

    Balas

  33. Posted by darma on Juli 21, 2013 at 4:28 pm

    kalo tidak salah PMK Nomor 41/PMK.07/2013 sudah diubah menjadi PMK No. 101/PMK.07/2013
    nih link nya
    http://www.sjdih.kemenkeu.go.id/fullText/2013/101~PMK.07~2013Per.HTM

    Balas

  34. Posted by karind on Juli 25, 2013 at 2:40 am

    Assalammu’alaikum WW. Pak Anton , kok belum ada info terbaru Ya? TQ. WWW

    Balas

  35. Posted by budi on Juli 25, 2013 at 9:19 pm

    masa pada pasal 4 ayat 4 berbunyi “Penyaluran TP Guru PNSD Triwulan II sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dilaksanakan setelah Pemerintah Daerah menyampaikan Laporan Realisasi Pembayaran TP Guru PNSD Semester II Tahun Anggaran 2012 kepada Menteri Keuangan c.q. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan.” pertanyaan sy apakah pemda sudah memnyampaikan laporan tsb. sehingga tpp bs cepat cair jangan kalah cepat dg kab/kota yg lain

    Balas

  36. ini berita dari tman2 SD untuk daerah lain sdh banyak yang keluar. Gresik kapan? mdh2an segera cair juga ya?

    Balas

  37. Posted by fazajiddan on Juli 30, 2013 at 6:27 am

    knapa pd sktp trcantum p kok juga blum cair,kt pk anton yg sktp trcntum p dana yg bersumber dr pusat sdh cair

    Balas

  38. Posted by hadi on Juli 31, 2013 at 3:45 pm

    kab kota yg lain lain sudah cair knp gresik belum. kapaaaaaaaaaaaaaann kok telat terus.

    Balas

  39. Posted by dielodra on Juli 31, 2013 at 10:09 pm

    om untuk prov jabar udah cair belum…
    makasih

    Balas

  40. Posted by shodiq on Agustus 1, 2013 at 2:30 am

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak Anton katanya kalau Inpassing belum keluar pada Tahap I, maka akan dikeluarkan pada Tahap II, tapi yang saya alami saya masih cair seperti dulu yaitu 1,5 juta. padahal saya sudah inpassing lho.

    Balas

  41. Posted by Evi Tamon on Agustus 3, 2013 at 12:46 pm

    Syukur untuk Banjarmasin dan Banjarbaru Kalsel triwulan 2 sudah cair pada akhir Juli dan awal Agustus kemarin. Semoga daerah lain menyusul..

    Balas

  42. Posted by zainal abid on Agustus 3, 2013 at 4:44 pm

    terimakasih atas segala infonya semoga bermanfaat bagi kami.

    Balas

  43. ass..
    pa, sy GTT d kec. Rancah Ciamis Jabar. Pncairan d kabupaten sy sudah april minggu ke 2 kmrin lgsg 1 smstr (6 bln), tpi krna dapodik sy ada kesalan jd trtunda. Stlh dlakukan prbaikan skitar 21 april data ny sdh valid, terakhir prbaikan smp mei. katany kalo sdh prbaikan tgl tunggu smp akhir juli. kenyataan ny tdk ada smp skrg. apakah mungkin d cairkan atau tidak???

    Balas

    • informasi dr Pusat seperti itu, apabila saat akan proses pencaira Tahap II tetapi data Dapodik tdk valid makan pencairannya akan ditunda sampe ada perbaikan Dapodik ybs.
      setelah Dapaodik valid maka akan dicairkan TPP nya

      Balas

  44. Posted by Acha on Agustus 6, 2013 at 3:18 pm

    Apa TPP Triwulan 2 udah cair smua?

    Balas

  45. Posted by 1988031020 on Agustus 7, 2013 at 3:24 pm

    murid murid yang baik dibimbing dan dididik guru yang baik guru yang baik adalah guru yang nasibnya baik dan tidak selalu terombang ambing oleh haknya sendiri, krn itu agar anak anak bangsa menjadi berkwalitas mhn tpp selalu tepat waktu,namun kami sbg guru tetep berusaha berdedikasi tinggi dan loyalitas mhn

    Balas

  46. Posted by s.ami Nur on Agustus 12, 2013 at 11:13 am

    bagaimana dgn tpp triwulan 2 PNSD TK apa sudah cair ta pak ?

    Balas

  47. Posted by M.Sholeh on Agustus 13, 2013 at 5:21 am

    Assalamu’alaikum Pak Anton. Sbelumnya saya ucapkan Minal ‘Aidzin Wal Faidzin. Mohon maaf lahir dan bathin. Smoga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT. Mo nanya Pak, utk tpp angkatan 2012 yg baru cair di gelombang II dan belum buka rekening di Bank Mandiri kapan bisa ngurus n buka rekening di Bank Mandiri? Saya tunggu info terbarunya Pak. Makasih sbelumnya.

    Balas

  48. Posted by Indah Widyaningrum on Agustus 14, 2013 at 6:28 am

    Tgl 14 agustus 2013 belum cair tpp triwulan 2

    Balas

  49. Posted by pristy on Agustus 15, 2013 at 1:46 pm

    maaf pak anton, mau tanya lama pa tidak ya penundaannya?? teman2 sayasudah cair semua padahal angkatan sertifikasinya bareng dan sama2 guru swasta. semoga kita semua selalu diberi kesabaran . yang penting gak ilang gitu aja…

    Balas

  50. Posted by retno on Agustus 16, 2013 at 11:57 am

    pak Anton waktu tw3 sebentar lagi, bulan september. Lalu tw2 cair sebelim tw3 itu kapan? Apa sudah ada info lg ?

    Balas

    • TPP guru PNSD sdh cair sebelum lebaran

      Balas

      • Posted by karind on Agustus 20, 2013 at 2:57 am

        Yang saya ingat memang Bapak Bupati Dawuh kalau TPP Cair sebelum lebaran, tapi yg cair cuman berapa orang, yang lain mana? sampai sekarang SKTP saja belum turun, terus kapan ya cairnya. Terimakasih dan mohon maaf bila ada salah-2 kata.

      • Klo SKTP blm terbit, utk Guru Jenjang Dikdas (SD dan SMP) silahkan diperbaiki Dapodiknya
        utk Guru Jenjang Paud (TK) dan Dikmen (SMA dan SMK) tdk ada masalah, ditunggu aja nanti akan terbit SKTPnya
        krn memang blm ada aplikasi khusus spt DIkdas.

  51. Posted by fazizah on Agustus 17, 2013 at 3:57 am

    seorang guru tdk bsa di nilai dri titel atw dri gelarnya..tpi dri pengalamanya danmasa kerjanya, mkanya TPP mestinya diperhitungkan sedemikian rupa, dan di kaji sedemikian dlm nya..supaya tdk cmpurmarut. lbih2 utk guru TK mestinya diprioritaskan!! sya ingt gmn guru saya waktu menyuapi saya,..wkt menceboki saya di waktu ke kamar kecil…mengajrkan menulis, bermain….shg orng tua saya bisa tenang bekerja…dan akhirnya saya semangat menuju ke sekolah yg lbih tinggi…tetapi ktika ada TPP mereka terlupakan lebih2 yg gk punya gelar/titel meski mereka lulusan SPG saya yakin ilmu mereka dlm mendidik anak2 lebih mumpuni buat mrk2 yg bergelar Dr, P.hd, S3, S2 yg hanya mw bicara2 di seminar aja…ingat Mr Habibi wkt sekolah di SD, SMP guru2nya blm bnyak yang punya gelar …tetapi mereka2 bisa memberikan motivasi yang luar biasa….jmn sekarang gurunya udah bnyk gelar ttpi bisa apa murid2 skrg selain hanya tawuran ???? mestinya TPP di berikan sbgi wujud penghargaan mereka yg sudah mengabdi lebih 25 thn, dan yg kurang dari itu mrk2 yg berprestasi!!

    Balas

  52. Posted by Indah Widyaningrum on Agustus 17, 2013 at 4:53 am

    Sebelum dapodik, ketika masih manual, pencairan tpp hampir bersamaan di satu kecamatan. Selisih paling cuma seminggu. Malah untuk non pns bisa dikatakan lancar. Setelah sistem online malah kacau. Harapannya bisa lancar setelah tpp triwulan 1. Eh..malah molor. Kacau. Ada yang sudah, ada yang belum. Jadi gak tepat waktu dan sesuai janji. Sampai detik saya menulis komen ini tpp triwulan 2 di kec. LAWANG kab. MALANG sebagian besar guru pns atau non pns belum menerima/cair

    Balas

  53. Posted by ujang on Agustus 18, 2013 at 12:53 am

    Untuk kabupaten bogor kapan yah triwulan II cair?
    Terima kasih

    Balas

  54. Posted by ike on Agustus 18, 2013 at 9:36 am

    untuk kota malang tpp triwulan 2 kapan cair

    Balas

  55. Posted by JAJA on Agustus 25, 2013 at 11:35 am

    wadoh mas untuk pencairan fungsional triwulan II daerah kab. pandeglang kenapa separo2.

    Balas

  56. Posted by MUBARROK on Agustus 27, 2013 at 5:45 am

    UNTUK TFG NON PNS DENGAN REKENING BANK BNI KOK BELUM CAIR SEDANGKAN YANG MANDIRI SUDAH ?

    Balas

  57. Posted by pristy on Agustus 27, 2013 at 1:35 pm

    pak mau tanya… tpp saya dana dari pusat. teman2 sudah banyak yang cair saya kog belumya pak… yang 1 juga mengalami penundaan sendiri. yang 1 baru keluar bulan juni. makasih infonya…

    Balas

  58. Posted by Alif Masrifah on Agustus 28, 2013 at 12:39 am

    Assalamu alaikum, pak. Maaf sebelumnya, saya sudah berulang kali memberitahu kalo daftar Tunjangan khusus saya (SMA Islamiyah Bawean) nomor rekeningnya bermasalah, yang SEHARUSNYA 0362160880 BANK JATIM atas nama Alif Masrifah, ternyata ada kekeliruan menjadi 0352160880 di data Diknas. Kenapa belum di perbaiki jg, padahal punya teman2 saya di Bank Jatim sudah cair semua. Terima kasih.
    Wassalam

    Balas

  59. Posted by Indah Widyaningrum on September 7, 2013 at 8:11 am

    Belum cair juga, triwulan 2, non pns, dekon, kec lawang, kabupaten malang

    Balas

    • wah klo permasalahan guru selain wilayah kab.Gresik kami tdk bisa menjawab.
      lebih baik langsung ditanyakan ke Dinas Pendidikan Kab. Malang aja.
      trims

      Balas

  60. Posted by retno on September 9, 2013 at 1:51 am

    TPP tw 3 apa Gresik sdh cair?

    Balas

    • ini baru bulan apa… koq sdh tanya pencairan tw 3 ?
      apakah pencairan tw 2 dananya sdh abissss ???

      Balas

      • Posted by retno on September 17, 2013 at 7:55 am

        Maaf,maksudnya, Bagaimana cara agar pencairan tw 3 bulan oktber bisa turun tepat waktu. Setelah tertunda karena alasan revisi. Lalu berapakah sejatinya besar tpp seharusnya sekarang yang diajukan? Sesuai daftar gaji pokok baru atau masih yang lama, karena tw2 pengajuan masih menggunakan bulan desember 2012.

      • memang dasar pencairan TPP tahun 2013 ini memakai Gaji Pokok per bulan Desember 2012

      • Posted by sahara on September 30, 2013 at 4:49 pm

        ttp tahap 3 untuk guru pns apakah sudah cair??mengingat sudah mendekati bulan oktober..semoga gk molor lagi seperti tahap 2 kmarin..amin

      • utk pencairan TW3 kami masih menunggu laporan dari DPPKAD tentang dana TPP dari Kemenkeu

  61. Posted by rifida on September 9, 2013 at 3:31 pm

    boro2 TPP ke 2,..TPP triwulan I aja, belum cair….. kenapa ya?

    Balas

  62. Posted by pebri on September 11, 2013 at 10:04 pm

    pak mengapa TF saya melum cair,sktp sudah ada tapi no rekening saya yang salah dari pusat sudah atas nama orang lain,tapi sudah saya pebaiki,(retur),kapan bisa cair padahal yang laen sdh cair,saya belum cair tahap 1dan 2?mohon informasinya pak anton,makasih

    Balas

  63. Posted by acradiaacradia on September 17, 2013 at 5:09 am

    Saat cek sk di sttus http://223.27.144.195:8000/index.php?var=viewsk&ref=3 ternyata data saya sudah sk pertanggal 29 agustus 2013. Tapi sampai hari ini belum sampai ke dinas pendidikan. Berapa lamakah jaraknya sk tpp sampai ke dinas pak ?

    Balas

  64. Posted by retno on September 18, 2013 at 9:06 pm

    maaf mas, tpp tw2 baru saja cair bulan ini dengan jumlah pengajuan sama dengan desember 2012, lalu apa arti revisi menkeu dan maksud sampai ditunda karena revisi itu? Lalu untuk tpp tw3 agar dapat cair tepat waktu ( selain jika ada info lain seperti dari menkeu) tidak mundur dan kekurangan dana, karena tw2 baru saja cair, apa yang harus dipersiapkan untuk pengajuannya? .

    Balas

  65. Posted by Yuniar on September 19, 2013 at 8:34 am

    Assalamu’alaikum….pak mau tanya,di kota pasuruan untuk non pn tpp tahap 2 sudah cair mulai juli di bank BNI,tapi untuk bank MANDIRI sampai sekarang kok belum cair ya,jangan jangan gak cair seterusnya….terimakasih

    Balas

  66. Posted by pristy on September 26, 2013 at 3:45 am

    pak anton yang baik… dan selalu amanah… amin. maaf saya selalu menggangu …….saya mau Tanya………. beredar info TPP ke 3 akan cair di bulan oktober. TPP saya yang kedua kan belum cair. dan data dapodik saya sudah 24 jam. apa kemungkinan di rapel? dan kalo masih belum keluar, saya harus Tanya kemana? mengingat teman2 seangatan sudah keluar semua tpp 1 dan 2 nya………… terima kasih dan mohon maaf…

    Balas

  67. Posted by bundarahma on September 26, 2013 at 8:30 am

    Kab Deli Serdang Sumut TPP tri wulan 2 belum cair sampai sekarang.Kami para guru PNSD Deli serdang memang harus lebih banyak sabar dan harus sabar

    Balas

  68. Posted by Yuniar on Oktober 2, 2013 at 1:14 am

    Waktu dinas pasuruan ditanya kenapa sampai saat ini tpp non pn tahap 2 belum cair,pdhl sebagian ada yang sudah cair?jawabannya gak tau,itu tergantung pusat.apa memang permasalah seperti itu dinas tidak tau pak yaa..matur nuwun.

    Balas

  69. Posted by sayabach on Oktober 3, 2013 at 4:14 am

    Pak Anton Yth.
    Untuk TPP guru non pns dikmen, yang sejatinya SK sudah keluar, akan tetapi untuk data nomer rekening terjadi kesalahan, tetapi bank yang menstransfer benar, sehingga hal ini Pencairan TPP tidak bisa keluar. Untuk hal seperti ini saya harus mengkonfirmasi kemana? sementara di Dinas kabupaten, katanya masih menunggu retur, dan ini sudah berlangsung 3 bulanan. Pekerjaan menunggu tersebut sangatlah menjenukan apalagi kebutuhan ekonomi sangatlah mendesak.
    Apa yang harus saya lakukan dengan permasalahan diatas, atau singkatnya prosedur apa yang harus saya lakukan supaya TPP saya bisa cair? Mohon Infonya. Terima kasih

    Balas

    • saya sdh tanyakan ke Pusat bahwa usulan revisi rek yg AKTIF sdh diajukan ke KPPN
      kmrn sdh ada yg laporan utk Bank Jatim dana sdh masuk, tetapi utk selain bank Jatim blm ada laporan.
      sy coba tanyakan lg ke Pusat (kemdikbud) kenapa begitu ? jawabanya tdk tau krn semua proses pencairan wewenang ada di KPPN.
      Kesimpulannya bahwa perbaikan rekening yg salah sdh diproses pusat.
      jadi kita tinggal mennunggu aja.
      trims

      Balas

  70. Posted by pebri on Oktober 3, 2013 at 1:56 pm

    pak bagaimana kok sampai sekarang TF saya belum cair padahal sudah laporan kedinas kalau rekeningnya bermasalh,saya takut hangus dan tidak cair padahal itulah harapan kami guru honor.makasih

    Balas

  71. Posted by SAHAT on Oktober 3, 2013 at 2:10 pm

    Saya guru SMA swasta di sumut, lulus sertifikasi 2010, tapi sampai saat ini saya belum menerima TPP 2011 yang katanya carry over. di 2013. berkali kali saya tanya ke PTK di Medan jawabnya hanya sabar dulu sampai kapan ? padahal ini sdh di akhir 2013.

    Balas

  72. Posted by Ula on Oktober 4, 2013 at 3:16 pm

    Maaf pak…Koq gak pernah update status terbaru…hehehe…

    Balas

  73. Posted by kudariyanto on Oktober 7, 2013 at 12:14 am

    bro, beritanya agar segera diupdate agar tidak terjadi konspirasi berita

    Balas

  74. Posted by purwanto on Oktober 7, 2013 at 1:37 am

    mas ngak ada info terbaru tah

    Balas

  75. Posted by Evi Rossa on Oktober 8, 2013 at 1:38 pm

    kira2 kapan ya mas kalau boleh tahu,thanks :)

    Balas

  76. Posted by Evi Rossa on Oktober 9, 2013 at 9:22 am

    maaf mas maksudnya yang TW3 kira2 tgl brp ya turunnya thanks

    Balas

  77. apakah TFG juga cair bersamaan dengan TPP,pak???

    Balas

  78. Posted by Yuniar on Oktober 19, 2013 at 5:57 am

    Alhamdulillah hari ini tpp saya yang tw 2 sudah cair dirapel dg tw 3.makasih pak Agus yaa…..

    Balas

  79. Posted by Yuniar on Oktober 19, 2013 at 6:04 am

    Maaf kliru nulis,Pak Anton maksud saya…

    Balas

  80. Posted by Vivien on Oktober 19, 2013 at 1:17 pm

    Pak anton,di sktp saya sudah tertulis triwulan 3 terbayar.tapi setelah saya cek di ATM kok tidak ada dananya ya,padahal tabungannya tidak kosong.mohon pencerahannya…matur nuwun

    Balas

  81. Posted by Bona simanjuntak on Oktober 19, 2013 at 1:56 pm

    Untuk pencairan TF 2013 Triwulan 3 lewat Bank mandiri kenapa belum cair ya. Padahal yang lewat Bank BRI udah cair. Mhon petunjuk gan…

    Balas

  82. Posted by ni nyoman ardiani on Oktober 20, 2013 at 3:12 am

    sy GTY di denpasar rekan2 sdh menerima 2x sy lulus sertifikasi th2012 mhn informasi

    Balas

  83. pak,apa betul TFG udah gak keluar lagi ???krena udah keluar 2 kali’

    Balas

  84. Posted by Vivien on Oktober 20, 2013 at 8:27 am

    Saya cek dapodik valid semua pak Anton.gmn kalau sktp nya di print out terus dibawa ke bank?atau mungkin saya tanya dulu ke dinas setempat?mtr nwn tanggapannya.

    Balas

  85. pak Anton……kpan ya kira2 cairnya kekurangan TPP( 2 bln ) yng 2012???

    Balas

  86. Posted by Deka on Oktober 29, 2013 at 2:37 am

    Ko’ TFG untuk periode ke 2 blm cair, ya pak? Yang bln April sy sudah cair, tp untuk yg ke 2 ini blm? Padahal teman saya sudah ada yang cair?

    Balas

  87. Posted by nanang on November 1, 2013 at 12:32 pm

    sebetulnya TFG itu per triwulan apa persemester? dan brapa nominal per triwulannya….

    Balas

  88. Alhamdulillah… TPP semoga lancar terus, biar guru-guru semua tambah semangat kerjanya. Amin….

    Balas

  89. moga2 aja kekurangan TPP yng 2 bln cepat cair,biar dapat di buat tambahan biaya tuk melanjutkan study ke S2

    Balas

  90. Posted by fuad on November 8, 2013 at 3:12 am

    pak anton mau nanya apa yang dapodik saya ada yang salah tapi sudah SK dan sudah cair 6 bulan, trus teman-teman TW 3 sudah cair tapi punya saya belum, apa dapodiknya harus dibetulkan dulu dan pakai dapodik yang mana yang tahun 2012 atau yang terbaru

    Balas

    • silahkan dicek di validasi data ptk, apakah datanya masih valid normal 24 jam ?
      krn setiap pencairan pasti dliha dulu dapodiknya.
      dapodk yg dipake masih data semester 2 thn 2012/2013.
      sekarang sdh tdk bisa lagi melakukan upload krn servr pusat sdh ditutup.

      Balas

  91. Posted by Agustina Zulaikha on November 11, 2013 at 4:55 am

    pak Anton ….. untuk TPP Smst 1 blm cair dan setelah saya cek tunjangan tpp di server p2tk dana sudah cair di semester 2…. tapi kenyataanya setelah di print out buku rekening Mandiri masih belum cair juga… dari SMP Sunan Giri Menganti

    Balas

  92. Posted by halimatus sa'diyah on November 20, 2013 at 5:10 am

    TPP triwulan k 3 untuk guru SD swasta yg sertifikasi tahun 2008 dan 2009 kog belum cair ya pak sementara yang sertifikasi 2012 sdh cair sejak 28 okt… kudu sabar nunggu gilirannya y… ????

    Balas

    • jangan hanya menunggu.. silahkan cek dapodiknya di validasi PTK.
      klo datanya tdk valid 24 jam, pasti tdk akan dicairkan

      Balas

      • Posted by halimatus sa'diyah on November 22, 2013 at 1:46 am

        Alhamdulillah data kami sudah valid…brarti untuk sementara ditunggu aja krn nanti akan cair juga ngoten pak nggih… matur suwun pak…

      • kami cek jenengan sdh inpassing, tetapi data SK inpassing blm diinput.
        jadi dianggap blm inpassing shg ada kelebihan bayar, sehingga tahap 3 dan 4 tdk dibayar.
        segera kirim Fotocopy SK inpassing dan sertifikat pendidik ke kami, akan kami kirim ke Pusat.

  93. Posted by karind on November 21, 2013 at 6:33 am

    Ass. Wr. Wb. Pak Anton, untuk SK CARRY OVER, kira-kira kapan ya terbitnya? Trims. WWW

    Balas

  94. maaf pak.. sudah saya cek status pencairan tunjangan sertifikasi sudah terbayar sampai triwulan IV, tapi realisasinya di rekening belum masuk pak… bagaimana ini pak anton, terimakasih

    Balas

  95. Posted by evi hariyanti SMP MA'ARIF 5 METRO LAMPUNG on November 29, 2013 at 8:22 pm

    kasusnya sama, cek d SKTP sdh terbayar,dr triwulan 2,3 dan 4 tp realisasi di rekening blm masuk, gmna ini Pak Anton???

    Balas

  96. pak,d tmpt kami ada sktar 50 orang yang gak dapat tunjangan terpencil.tetapi koq tiba2 ada tunjangan terpencil susulan dan yang mendapat hanya 9 orang,trus apakah yang sisanya berarti gak dapat tunjangan tersebut d thn ini???ato mungkin mash ada tunjangan terpencil susulan lagi?????

    Balas

    • SK Tunjangan Khusus NOMOR 0213.05/C5.6/KH/P/2013 BUKAN SUSULAN tetapi Pengganti utk 8 orang yang sdh TIDAK BERHAK menerima krn berbagai hal (seperti : mutasi ke Struktural, tdk aktif mengajar, dll).
      penentuan nama2 pengganti sudah kami koordinasikan dg kepala UPTD Kecamatan.

      trims

      Balas

  97. kapan pak,TPP yng triwulan IV cair??????

    Balas

  98. Posted by Nasrung on Desember 11, 2013 at 1:00 pm

    mau tanya pak apa masi ada tunjangan guru non pns triwulan 4 bulan ini khususnya timika papua dan apa masi rekening itu pak yg di pakai??

    Balas

  99. Berapa bulan pak????

    Balas

  100. Posted by Mutmainnah on Desember 30, 2013 at 11:10 am

    Pak anton,kami guru sman 1sangkapura, beberapa teman kami sudah menerima tunjangan daerah khusus. Dimana kami bisa ngecek sk penerima tunjangan khusus utk sma?? Trims

    Balas

    • mhn maaf.. sampe saat ini kami blm terima data SK tunjangan khusus utk jenjang SMA.
      kami sdh berusaha ke pUsat tp blm ada respon.
      yg pasti semua sdh kita usulkan, silahkan dicek rekening aja.

      Balas

  101. pak saya peneima tunjangan fungsional PTK dikmen no Sk. 0001.12/D5.6/STF/2013, NAMA SITI SUSI LESTARI kenapa tunjangan saya tidak pernah
    keluar pak..?

    Balas

  102. Posted by siti susi lestari on April 16, 2014 at 3:47 am

    saya sudah ke dinas pak tapi tidak ada respon pak dari dinas..mohon bantu pak..

    Balas

  103. Posted by mala on Mei 6, 2014 at 2:02 am

    mohon penjelasan..beberapa GTT di Kota Gorontalo tunjangan setifikasi triwiulan II,III,dan IV tahun 2013 (9 Bulan )belum juga cair sampai dengan sklrg

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: